Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/02/2016, 18:37 WIB
Lily Turangan

Penulis

KOMPAS.com — Nyamuk Aedes aegypti adalah nyamuk yang menyebarkan demam berdarah, chikungunya, zika, dan penyakit lainnya. Nyamuk ini memiliki panjang empat sampai tujuh milimeter, dan berwarna belang hitam putih.

Berbeda dengan nyamuk jenis lain yang lebih banyak berkeliaran pada malam hari, nyamuk Aedes aegypti lebih suka berkeliaran pada siang hari, selama lebih kurang dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Nyamuk ini suka bersembunyi di pojok ruangan yang gelap, lemari pakaian, dan tumpukan baju. Di luar rumah, mereka cenderung ada di tempat yang dingin dan teduh.

Nyamuk Aedes aegypti jantan hanya makan dari buah. Nyamuk betinanya, selain makan dari buah, juga mengisap darah untuk perkembangan telurnya.

Serangan nyamuk Aedes aegypti umumnya mengarah ke tubuh bagian belakang dan bawah, meski tidak menutup kemungkinan juga menggigit bagian lain di tubuh.

Masa hidup nyamuk dewasa mulai dua minggu sampai sebulan, tergantung lingkungan. Adapun telurnya bermetamorfosis menjadi nyamuk utuh dalam waktu satu setengah hingga dua minggu.

Secara umum, ada tiga jenis nyamuk Aedes aegypti, yakni domestik, sylvan, dan peridomestic.

- Jenis domestik berhabitat di perkotaan, di sekitar atau di dalam rumah.

- Sylvan adalah nyamuk Aedes aegypti yang lebih banyak berada di pedesaan dan berkembang biak di lubang pohon, umumnya di hutan.

- Peridomestic tumbuh subur di lingkungan yang dimodifikasi, seperti kebun kelapa dan peternakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com