Kompas.com - 27/03/2016, 13:05 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kita sering mendengar banyak hal tentang antioksidan, termasuk dalam kemasan makanan. Namun, sebagian dari kita mungkin belum mengetahui fakta serta fungsi dari bahan kimia yang dapat meredakan radikal bebas dan fragmen molekul lain yang akan merusak tubuh ini. Berikut ini adalah 5 fakta tentang antioksidan yang harus diketahui:

 

1. Antioksidan membantu memperlambat proses oksidasi. Asam lemak akan terpengaruh selama proses oksidasi. Mereka juga hadir dalam darah seperti mereka hadir dalam makanan dan mengalami perubahan kimia.

 

2. Vitamin E, vitamin C, selenium, beta karoten, semuanya itu adalah antioksidan. Vitamin E dapat ditemukan dalam kacang mete, almond, kepiting, udang, dan ikan.

Vitamin C hadir dalam buah jeruk, kiwi, stroberi, dan brokoli. Sedangkan selenium terdapat dalam produk susu, daging, ikan, sereal, sementara beta karoten ditemukan dalam buah serta sayur yang berwarna hijau gelap dan kuning. 

 

3. Radikal bebas menjadi penyebab menurunnya memori atau ingatan bersama dengan penuaan. Ingatan berkaitan dengan fungsi otak dan otak cukup lemah, karena tidak memiliki antioksidan. Asupan antioksidan yang cukup akan membantu meningkatkan ingatan.

 

4. Selain buah dan sayur, kandungan antioksidan dapat kita peroleh dari kuning telur, beras merah, gandum utuh, kopi, oatmeal, minyak safflower, dan dark chocolate.

 

5. Fakta tentang antioksidan yang harus diketahui terakhir adalah seringnya kita mendengar bahwa antioksidan dapat ditemukan pada makanan yang dikemas. Nyatanya itu tidaklah benar, karena bentuk antioksidan akan sia-sia setelah kita membuka kemasan makanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.