Kompas.com - 31/03/2016, 07:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com — Aktris peran Andriani Marshanda atau yang akrab disapa Caca mengaku pernah didiagnosis bipolar. Bipolar merupakan gangguan jiwa berupa perubahan mood atau suasana hati dalam satu periode tertentu.

Menurut Marshanda, orang dengan bipolar bukan berarti tidak bisa hidup seperti orang pada umumnya. "Walaupun kita bipolar, kita punya potensi, punya kepintaran, kita bisa berpikir, bisa berkreasi," kata Marshanda saat menjadi pembicara dalam seminar Living Inside Bipolar Mind di Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Oleh psikiaternya, Marshanda diingatkan untuk tidak terbebani dengan label bipolar. Dengan begitu, ia lebih bisa mengembangkan potensi atau kemampuan yang dimiliki.

Wanita kelahiran 10 Agustus 1989 ini mengaku selalu bersyukur dengan apa yang diberikan oleh Tuhan, termasuk penyakit bipolar yang diidapnya. Selama ini, Marshanda juga mengaku selalu mendapat dukungan dari keluarga dan orang terdekat.

"Kalau aku enggak bipolar, mungkin aku enggak bakal se-happy sekarang," kata Marshanda yang terkena bipolar sejak 2009 itu.

Dalam acara yang sama, dokter spesialis kedokteran jiwa dari RSPP, Endah Ronawulan, mengungkapkan, umumnya bipolar terjadi pada remaja atau usia 20 tahun.

Bipolar bukan hambatan seseorang untuk bisa berkarya dan hidup sukses. "Pasien saya bipolar, sekarang sudah wisuda di universitas negeri jurusan teknik. Beberapa pasien lainnya juga, selesai pengobatan, buka usaha. Jadi penyakit itu bukan hambatan," kata Endah.

Bipolar merupakan penyakit yang bisa diobati. Menurut Endah, pengobatan bipolar sama halnya dengan mengobati diabetes. Diabetes tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa diobati atau dikendalikan gula darahnya. Begitu juga dengan bipolar.

Dengan minum obat, gangguan bipolar bisa dikendalikan dan tidak muncul. Orang dengan bipolar pun bisa hidup seperti orang normal lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.