Kompas.com - 18/04/2016, 13:30 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Psoriasis merupakan penyakit autoimun yang menyerang bagian kulit. Pasien penyakit ini memiliki kulit kemerahan yang berbatas tegas, hingga bersisik dan menimbulkan rasa gatal. Masalah pasien psoriasis ternyata tak hanya pada kulit mereka.

Berdasarkan penelitian, orang dengan psoriasis juga memiliki risiko lebih terkena masalah jantung dan pembuluh darah. Penelitian terbaru di Denmak yang dipublikasikan di jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis, dan Vascular Biology, menyebutkan psoriasis meningkatkan risiko aneurisma aorta abdominal atau terjadinya pelebaran pembuluh darah di perut.

Aneurisma aorta perut merupakan kondisi yang cukup jarang terjadi, yaitu pembuluh darah di perut menjadi membesar. Pembuluh darah yang membesar itu sewaktu-waktu bisa pecah dan bisa menyebabkan kematian. Aneurisma aorta perut umumnya tak memunculkan gejala hingga pembuluh darah pecah.

Menurut peneliti, semakin parah tingkat psoriasis seseorang, maka semakin tinggi risiko terkena aneurisma aorta abdominal. Kesimpulan itu didapatkan dari penelitian yang melibatkan sekitar 60.000 pasiendengan psoriasis ringan dan lebih dari 11.000 orang dengan psoriasis berat.

Dalam penelitian selama 14 tahun ditemukan, 240 orang dengan psoriasis ringan dan 50 orang psoriasis berat memiliki aneurisma aorta abdominal.

Penelitian sebelumnya menunjukkan, psoriasis berkaitan dengan peradangan pembuluh darah sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menurut peneliti kardiolgi dari Denmark, dr Usman Khalid, pasien dengan psoriasis harus lebih menyadari risiko kemungkinan penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan termasuk aneurisma aorta abdominal dengan melakukan pemeriksaan.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah mengobati psoriasis dengan obat anti-inflamasi juga dapat mengurangi risiko aneurisma. Hingga kini belum ada obat psoriasis. Obat-obatan yang ada hanya untuk membantu mengurangi gejala psoriasis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.