Kompas.com - 19/05/2016, 14:35 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

KOMPAS.comPola hidup memegang andil besar sebagai salah satu faktor pemicu diabetes pada seseorang. Kalau sudah kena diabetes, kerugiannya bukan hanya akan dirasa oleh penderita. Padahal, pencegahannya bisa dimulai dari hal sederhana.

"Diabetes dan komplikasinya menimbulkan kerugian ekonomi besar bagi penyandang diabetes, keluarganya, dan negara. Padahal, 80 persen diabetes bisa dicegah," ujar Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, seperti dikutip harian Kompas pada Sabtu (9/4/2016).

Upaya pencegahan diabetes pun seharusnya bukan perkara sulit. Mulail saja dari mengubah kebiasasaan-kebiasaan kecil dalam kegiatan harian.

Misalnya, kebiasaan menggunakan lift di kantor dapat Anda ganti dengan naik tangga. Hari ini satu atau dua lantai, besok Anda bisa coba mencapai lantai lima lewat tangga.

Aktif bergerak membantu meningkatkan metabolisme badan, memperbanyak reseptor insulin, dan mengeluarkan kalori. Jumlah gula darah pun dapat diubah oleh tubuh menjadi energi yang terpakai sehingga tidak menyebabkan tumpukan lemak.

Jika memungkinkan, lebih baik lagi bila Anda menambahkan olahraga dalam jadwal aktivitas. Sempatkan joging 30 menit sebelum pergi ke kantor atau mampir ke gym saat pulang kerja.

Kedua, bijaklah memilih makanan apa yang Anda konsumsi. Sering kali kita tidak menyadari asupan kalori dan gula berlebih yang ada dalam santapan sehari-hari.

Agar lebih aman, Anda bisa pilih sayuran, buah segar, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan sebagai variasi menu. Makanan bergizi, rendah lemak, dan rendah kalori berpengaruh besar menurunkan jumlah gula dalam tubuh.

Selain itu, Anda wajib pula menjauhkan diri dari stres. Kondisi tertekan membuat organ dalam tubuh ada di posisi selalu siap bekerja, misalnya jantung berdegup lebih keras, napas lebih kencang, dan perut mengencang.

Kadar gula darah pun melonjak tinggi untuk menyiapkan energi bagi tubuh. Namun, kenaikan yang tidak diikuti oleh kegiatan ini kemudian menyebabkan level gula darah tetap tinggi dan bisa memicu diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.