Kompas.com - 29/05/2016, 14:07 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS,com - Jika Anda menderita gangguan kecemasan, sebaiknya pahamilah kebiasaan tertentu dan gaya hidup yang tanpa disadari justru dapat menyebabkan kecemasan. Bahkan, memperparah kecemasan tersebut. Nah, berikut ini adalah lima kebiasaan yang memperparah kecemasan:

 

1. Melewatkan makan

Melewatkan waktu makan adalah hal terburuk bagi tubuh dan otak. Kelaparan juga bisa menjadi sumber stres bagi tubuh. Ketika Anda melewatkan makan atau menahan lapar dalam waktu lama dapat membuat gula darah menurun, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kecemasan.

 

2. Mengonsumsi kopi berlebih

Kafein cenderung dapat meningkatkan detak jantung dan membuat Anda merasa gelisah, sehingga membuat rentan terhadap kecemasan. Efek yang ditimbulkan, seperti telapak tangan berkeringat, dering telinga, dan jantung berdenyut cepat.

 

3. Begadang

Begitu banyak orang yang menderita kecemasan menghindari tidur. Padahal, tidur adalah salah satu alat yang paling signifikan untuk mengatasi stres. Jadi, ketika Anda membiarkan diri tetap terjaga alias begadang, maka Anda lebih mungkin mengalami stres dan cemas.

 

4. Mengisolasi diri

Kecemasan dapat membuat Anda menghabiskan waktu sendiri. Tentunya, hal ini bukan solusi yang baik. Memiliki hubungan dekat adalah kunci untuk mengurangi kecemasan.

Karena itu, disarankan ketika mengalami kecemasan Anda jangan mengisolasi diri, melainkan mencari keramaian, sehingga kecemasan dapat pergi sevara perlahan. 

 

5. Tidak berolahraga

Ketika berolahraga tubuh melepaskan bahan kimia yang membantu otak dan tubuh merasa lebih baik dan membantu menjaga kecemasan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.