Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/05/2016, 14:07 WIB

KOMPAS,com - Jika Anda menderita gangguan kecemasan, sebaiknya pahamilah kebiasaan tertentu dan gaya hidup yang tanpa disadari justru dapat menyebabkan kecemasan. Bahkan, memperparah kecemasan tersebut. Nah, berikut ini adalah lima kebiasaan yang memperparah kecemasan:

 

1. Melewatkan makan

Melewatkan waktu makan adalah hal terburuk bagi tubuh dan otak. Kelaparan juga bisa menjadi sumber stres bagi tubuh. Ketika Anda melewatkan makan atau menahan lapar dalam waktu lama dapat membuat gula darah menurun, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kecemasan.

 

2. Mengonsumsi kopi berlebih

Kafein cenderung dapat meningkatkan detak jantung dan membuat Anda merasa gelisah, sehingga membuat rentan terhadap kecemasan. Efek yang ditimbulkan, seperti telapak tangan berkeringat, dering telinga, dan jantung berdenyut cepat.

 

3. Begadang

Begitu banyak orang yang menderita kecemasan menghindari tidur. Padahal, tidur adalah salah satu alat yang paling signifikan untuk mengatasi stres. Jadi, ketika Anda membiarkan diri tetap terjaga alias begadang, maka Anda lebih mungkin mengalami stres dan cemas.

 

4. Mengisolasi diri

Kecemasan dapat membuat Anda menghabiskan waktu sendiri. Tentunya, hal ini bukan solusi yang baik. Memiliki hubungan dekat adalah kunci untuk mengurangi kecemasan.

Karena itu, disarankan ketika mengalami kecemasan Anda jangan mengisolasi diri, melainkan mencari keramaian, sehingga kecemasan dapat pergi sevara perlahan. 

 

5. Tidak berolahraga

Ketika berolahraga tubuh melepaskan bahan kimia yang membantu otak dan tubuh merasa lebih baik dan membantu menjaga kecemasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com