Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2016, 09:00 WIB

TANYA:

Dokter, saya pria berumur 45 tahun. Ayah saya sekitar dua bulan lalu meninggal karena kanker prostat di usia 73 tahun, penyakit yang sama juga diderita om saya (adik ayah).

Saya khawatir kalau saya nanti terkena penyakit kanker ini. Apakah ada faktor keturunan ya dok? Apakah penyakit ini bisa dideteksi sejak awal, bagaimana caranya. Mohon penjelasan dokter. Terima kasih banyak.
Welly, Jakarta.

 JAWAB:

 Saudara Welly di Jakarta

Kanker prostat memang ada kaitannya dengan faktor keturunan, tetapi itu tidak harus terjadi. Mempunyai riwayat keluarga dengan kanker prostat hanya meningkatkan kemungkinan (hanya kemungkinan) risiko seseorang menderita penyakit yang sama dibandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai riwayat keluarga menderita kanker prostat.

Banyak faktor lain yang dipertimbangkan berkaitan dengan kanker prostat, seperti usia, etnis, diet, aktifitas fisik, rokok, peradangan prostat, infeksi akibat penularan seksual, hormonal, dan sebagainya

Untuk diteksi secara dini, seperti kanker lainnya, apalagi kanker prostat yang tidak memberikan gejala yang khas pada tahap awal, memang agak sulit.  Tetapi pemeriksaan PSA (Prostaat Specific Antigen) darah, dan pemeriksaan colok dubur untuk menilai keadaan fisik Prostat secara langsung dapat membantu.

Bila dokter yang memeriksa mencurigai adanya kelainan, pemeriksaan selanjutnya bisa dilakukannya.

Jadi saran saya, sebaiknya saudara konsultasi langsung ke dokter langganan Anda. Dan, perlu Saya sampaikan bahwa kanker prostat jarang sekali terjadi pada usia di bawah 50 tahun.

Terimakasih, semoga dapat membantu

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com