Kompas.com - 18/06/2016, 09:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dokter, saya pria berumur 45 tahun. Ayah saya sekitar dua bulan lalu meninggal karena kanker prostat di usia 73 tahun, penyakit yang sama juga diderita om saya (adik ayah).

Saya khawatir kalau saya nanti terkena penyakit kanker ini. Apakah ada faktor keturunan ya dok? Apakah penyakit ini bisa dideteksi sejak awal, bagaimana caranya. Mohon penjelasan dokter. Terima kasih banyak.
Welly, Jakarta.

 JAWAB:

 Saudara Welly di Jakarta

Kanker prostat memang ada kaitannya dengan faktor keturunan, tetapi itu tidak harus terjadi. Mempunyai riwayat keluarga dengan kanker prostat hanya meningkatkan kemungkinan (hanya kemungkinan) risiko seseorang menderita penyakit yang sama dibandingkan dengan mereka yang tidak mempunyai riwayat keluarga menderita kanker prostat.

Banyak faktor lain yang dipertimbangkan berkaitan dengan kanker prostat, seperti usia, etnis, diet, aktifitas fisik, rokok, peradangan prostat, infeksi akibat penularan seksual, hormonal, dan sebagainya

Untuk diteksi secara dini, seperti kanker lainnya, apalagi kanker prostat yang tidak memberikan gejala yang khas pada tahap awal, memang agak sulit.  Tetapi pemeriksaan PSA (Prostaat Specific Antigen) darah, dan pemeriksaan colok dubur untuk menilai keadaan fisik Prostat secara langsung dapat membantu.

Bila dokter yang memeriksa mencurigai adanya kelainan, pemeriksaan selanjutnya bisa dilakukannya.

Jadi saran saya, sebaiknya saudara konsultasi langsung ke dokter langganan Anda. Dan, perlu Saya sampaikan bahwa kanker prostat jarang sekali terjadi pada usia di bawah 50 tahun.

Terimakasih, semoga dapat membantu

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.