Kompas.com - 30/06/2016, 16:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Anda tak perlu sekolah ilmu gizi untuk tahu bahwa seharusnya kita membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Sayangnya, makanan tersebut biasanya menjadi sajian istimewa di Hari Raya.

Makanan yang tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol, merupakan penyebab kadar kolesterol dalam darah meningkat. Daging, produk susu, cakes, dan masih banyak lagi, merupakan sumber kolesterol yang perlu diwaspadai.

Di Hari Lebaran, hidangan mengandung santan dan berdaging merupakan sajian wajib di setiap rumah. Tak perlu takut mengonsumsinya. Jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, makanlah dalam jumlah secukupnya.

Selain itu, pilah-pilah menu apa yang akan Anda makan. Misalnya, pilih lauk rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ikan, atau dada ayam tanpa kulit.

Bila memungkinkan, carilah menu yang pengolahannya dengan cara ditumis, dipepes, atau direbus.

Kontrol diri mutlak kita miliki agar tak berlebihan saat makan. Jika Anda sudah mengambil daging, tak perlu menambahkan telur. Untuk makanan penutup, pilihlah buah atau salad ketimbang es krim atau kue-kue manis yang tinggi kalori.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.