Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2016, 22:05 WIB
Lily Turangan

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Ketika seorang wanita terangsang secara seksual, kita tidak memakai istilah ereksi. Tapi sebenarnya, klitoris juga menegang dan membesar sama seperti penis, kata Vincenzo Puppo, Ph.D., dari Italia Centro Italiano di Sessuologia.

Di dalam bukunya, Puppo’s Anatomy and Physiology of the Clitoris, Puppo memaparkan fakta-fakta mengejutkan tentang klitoris. Inilah di antaranya.

Penis wanita

Penelitian Puppo menyebutkan, klitoris wanita adalah "homolog" dari penis laki-laki, yang berarti struktur mereka terkait erat satu sama lain, meski salah satunya jauh lebih kecil.

Tapi, tidak seperti penis yang bisa menerima dan memberi rangsangan, klitoris dirancang murni untuk menerima rangsangan seksual.

Ada berbagai ukuran tapi itu tidak masalah

Ukuran klitoris wanita bisa bervariasi, jelas Puppo, hingga mencapai tiga sentimeter. Sementara lingkar klitoris juga bisa berkisar antara 0,1-0,3 inci. Ukuran ini tidak berpengaruh pada kesenangan seksual.

Dengan kata lain, berapapun ukurannya, memiliki kapasitas yang sama untuk mendapat orgasme ketika mendapat tekanan atau gesekan.

Umur tidak masalah

Tidak seperti penis yang sering berurusan dengan disfungsi ereksi saat seorang pria mencapai usia tua, klitoris tidak punya masalah dengan usia.

"Wanita memiliki kemampuan fisik orgasmik pada usia berapa pun," tambah Puppo.

Merupakan mesin orgasme

Karena klitoris sangat kecil dibandingkan dengan penis, ujung sarafnya jadi jauh lebih terkonsentrasi.

Beberapa penelitian menunjukkan klitoris juga memiliki ujung saraf dua kali lebih banyak dibanding penis. Akibatnya, klitoris jauh lebih sensitif terhadap rangsangan.

Mungkin lebih panjang dari penis

Sebuah penelitian di Australia dalam Journal of Urology mengklaim klitoris memanjang sekitar 15,5 Cm ke dalam tubuh seorang wanita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com