Kompas.com - 27/10/2016, 07:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tinggal di negara yang berlimpah sinar matahari kadang membuat kita meremehkan akibat buruk sinar UVA dan UVB matahari.

Jika hanya pergi keluar rumah sebentar, kita tidak menganggap perlu memakai tabir surya atau topi. Ini adalah pemahaman yang salah dan masih ada lagi beberapa kesalahan menyangkut pentingnya pemakaian losion tabir surya.

Mungkin, salah satu kesalahan yang ada di daftar di bawah ini, sering Anda lakukan. Berhati-hatilah karena paparan sinar UVA dan UVB kronis bisa menyebabkan kanker kulit dan penyakit lainnya.


1. Pergi keluar sebentar tanpa mengoleskan SPF

Hanya 10 menit berjalan kaki untuk beli kopi atau koran tentu tidak akan berakibat apa-apa. Salah! "Eksposur 10 menit akan terakumulasi dan menyebabkan kerusakan DNA dari waktu ke waktu," kata Elizabeth F. Callahan, MD, seorang dokter kulit di Sarasota, Florida.

"Hari mendung bukan pengecualian," kata Elizabeth K. Hale, MD, seorang profesor dermatologi klinis di NYU Langone Medical Center.

"Sinar UVA mampu menembus atmosfer 365 hari setahun dan dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dan berkontribusi terhadap perkembangan kanker kulit," katanya.


2. Mengabaikan SPF ketika berada di dalam ruangan

Mungkin selama ini Anda berpikir, terlindung oleh dinding tebal, jendela dan atap atau berada di dalam mobil akan membuat Anda aman dari paparan sinar UVA dan UVB matahari. Lagi-lagi, ini pemahaman yang salah. Sinar UV dapat menembus jendela mobil dan kantor, kata Julie Ann Woodward, MD, seorang profesor ophthalmology dan dermatologi dan kepala bedah oculofacial di Duke University.

"Ada bukti dari orang yang duduk di dekat jendela yang sama selama bertahun-tahun dan mereka mengalami kerusakan kulit akibat sinar matahari di satu sisi wajah dan tidak di sisi wajah yang lain," katanya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.