Kompas.com - 30/11/2016, 17:12 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Menyelesaikan argumen dengan pasangan sebelum tidur jauh lebih baik bagi kesehatan mental, ketimbang membiarkan masalah berlarut hingga esok hari.

Banyak pasangan bahagia yang memiliki mantra "Tidak pernah pergi tidur di tengah argumen". Dan penelitian terbaru tampaknya membenarkan mantra tersebut.

Peneliti Cina menulis dalam jurnal Nature Communications, pasangan yang tidur di tengah argumen, memaksa otak untuk mengenang kejadian negatif pada hari berikutnya.

Hal ini terjadi karena pada saat tidur, otak akan memproses dan menyimpan informasi yang baru didapat, dimulai dari memori jangka pendek dan menuju memori jangka panjang.

Untuk melihat dampaknya, peneliti memeriksa reaksi dari 73 responden tentang masalah yang diselesaikan sebelum tidur dan masalah yang diselesaikan setelah mereka tidur malam. Peneliti menemukan, lebih sulit bagi responden untuk menghapus kenangan negatif setelah mereka tidur malam.

Peneliti Yunzhe Liu, dari Beijng Normal University, mengatakan, "ketidakmampuan melepaskan kenangan buruk dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan."

Merekam kenangan yang tidak diinginkan telah dikaitkan dengan sejumlah gangguan kejiwaan seperti
depresi dan gangguan stres pasca-trauma."

Awal tahun ini, para ilmuwan Turki juga mengklaim bahwa kualitas tidur bergantung pada seberapa baik kita berpikir tentang pasangan. Dan tidur yang berkualitas juga membutuhkan perasaan tenang, aman, terlindungi, tanpa adanya ancaman, seperti argumen atau ketegangan.

Sehingga, para ahli merekomendasikan untuk menyelesaikan segala pertengkaran dengan pasangan sebelum tidur malam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Sun

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.