Kompas.com - 02/12/2016, 18:37 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stres merupakan salah satu faktor risiko kekambuhan penyakit kulit autoimun, psoriasis. Ketika stres, bisa muncul bercak merah di kulit tergantung jenis psoriasis yang diderita.

Dokter spesialis kedokteran jiwa, Heriani menjelaskan, saat seseorang mengalami stres, produksi hormon kortisol akan meningkat. Kortisol inilah yang akan memicu peradangan sehingga psoriasis kambuh atau semakin parah.

"Kortisol akan merangsang sitokin yang menyebabkan peradangan," jelas Heriani beberapa waktu lalu.

Selain itu, kortisol dapat menurunkan bahan kimia otak bernama serotonin, yang membuat suasana hati seseorang akan semakin buruk hingga terjadi depresi.

Kortisol juga dapat meningkatkan saraf simpatis yang membuat jantung berdebar-debar dan merasa tegang.

Stres yang dialami pasien psoriasis bisa terjadi, karena penyakit psoriasis maupun masalah lainnya. Psoriasis kerap memengaruhi rasa percaya diri karena bercak seperti bersisik terlihat jelas di kulit. Masalah psoriasis sering dianggap penyakit menular. Padahal tidak.

"Jadi kita harus memutus siklus stres. Itu bagian penting dalam pengobatan psoriasis," ujar Heriani.

Menghindari stres termasuk dalam gaya hidup sehat yang tepat untuk mencegah kekambuhan psoriasis dan berbagai penyakit lainnya. Sebab, stres juga bisa menurunkan daya tahan tubuh seseorang.

Selain mendapat obat untuk penyakit kulitnya, pasien psoriasis pun kerap mendapat dampingan psikologis.

"Kalau stres turun, kortisol turun, enggak ada reaksi peradangan lagi," terang Heriani.

Untuk mengatasi stres, hindari hal-hal yang bisa meningkatkan emosi. Banyaklah berpikiran positif. Jika tidak bisa mengatasi masalah stres seorang diri, cari bantuan pada psikolog maupun psikiater.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.