Kompas.com - 14/03/2017, 10:49 WIB
Ilustrasi thinkstockphotos.comIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tak jauh berbeda dengan kondisi kehamilan, selama masa menyusui ibu juga sebaiknya menjaga pola makannya. Salah satu jenis asupan yang perlu dibatasi adalah kafein.

Kafein termasuk dalam zat stimulan sehingga menyebabkan efek bersemangat. Pada bayi, dampaknya adalah anak menjadi rewel dan kelelahan karena sulit tidur.

Ibu menyusui yang mengonsumsi kopi atau sumber kafein lain bisa membuat bayinya juga terpapar kafein lewat ASI. Efek kafein pada orang dewasa sekitar 4,9 jam, sementara pada bayi bisa mencapai 97,5 jam.

Makin besar usia bayi, makin baik tubuhnya menoleransi kafein. Penelitian menunjukkan, pola tidur bayi berusia 3-6 bulan tidak terganggu oleh paparan kafein dari ibunya.

Walau begitu, perhatikan apakah bayi menjadi rewel atau tidak bisa beristirahat setelah ibu memberikan ASI, sebaiknya batasi.

Kafein memang juga terdapat dalam teh, cokelat, atau soda, namun jumlah kafein yang tinggi pada umumnya ada pada minuman kopi.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X