Kompas.com - 30/03/2017, 19:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Komedian Sogi Indra Dhuaja (39) diketahui pernah menderita gangguan irama jantung alias aritmia. Penyakit ini terjadi ketika irama jantung tidak teratur.

Aritmia memang sering tidak terdeteksi sebagai penyakit jantung. Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RS Jantung Harapan Kita, Yoga Yuniadi menjelaskan, aritmia merupakan penyakit yang mengenai sistem listrik jantung.

Setiap kontraksi jantung mewakili satu denyut. Waktu kita beristirahat, jantung biasanya berdenyut 60-100 kali permenit, ini dapat dihitung dari nadi. Adanya gangguan pada sistem konduksi listrik ini dapat menimbulkan irama jantung yang tidak normal.

Irama jantung bisa menjadi terlalu cepat (takikardia) atau sebaliknya terlalu lambat (bradikardia). Kondisi ini sebenarnya berbahaya. Pada jantung yang berdetak terlalu cepat bisa menyebabkan henti jantung yang berakibat fatal.

Gangguan irama jantung berulang dapat menimbulkan nyeri dada dan kepala terasa ringan. Namun, ada juga yang tidak menimbulkan gejala dan baru terdeteksi ketika dilakukan pemeriksaan jantung atau kesehatan berkala.

Aritmia bisa terjadi begitu saja tanpa sebab, atau akibat sesuatu yang merangsang jantung seperti stres, tembakau, alkohol, atau obat-obatan yang mengandung stimulan.

Kebanyakan artimia jarang menimbulkan komplikasi. Namun, beberapa di antaranya berakibat serius jika tidak ditangani. Jantung yang tidak berdenyut normal tentu tidak mampu memompa darah secara efisien.

Obat-obatan dan teknik pembedahan tertentu terkadang diperlukan bisa artimia tergolong serius.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.