Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2012, 13:59 WIB

Kompas.com - Orangtua yang ingin mengajarkan anaknya menggunakan toilet  disarankan untuk menunggu sampai si anak berusia tiga tahun. Terlalu dini mengajari mereka toilet training justru bisa melukai anak karena kandung kemihnya belum kuat.

Dr.Steve Hodges, profesor dari Wake Forest University North Carolina, menjelaskan bahwa toilet training terlalu cepat juga bisa menyebabkan konstipasi, kerusakan ginjal, bahkan infeksi saluran kemih, karena anak-anak harus menahan gerakan perut lebih lama dari yang mereka bisa.

"Anak berusia kurang dari tiga tahun sebaiknya jangan dipaksa menahan keinginannya untuk buang air," kata Hodges.

Bukannya anak tidak bisa diajari memakai toilet, namun mengetahui kapan ingin buang air kecil atau buang air besar tidak sama dengan merespon kebutuhan tubuh dalam cara-cara yang baik.

Menurut Hodges, pasiennya yang memiliki masalah dengan toilet seperti mengompol, sering kencing, infeksi saluran kemih, atau tidak bisa menahan buang air besar, pada umumnya adalah anak yang terlalu dini diajari toilet training.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com