Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/03/2015, 19:17 WIB

KOMPAS.com - Salah satu kelemahan metode kontrasepsi oral (pil KB) adalah kita sering lupa mengonsumsinya secara teratur. Jika itu yang terjadi, jangan panik. Ketahui apa yang harus dilakukan agar tidak "kebobolan".

Saat kemarin Anda lupa mengonsumsi pil KB, segeralah minum begitu Anda ingat. Bila Anda baru mengingatnya dua hari kemudian, minumlah dua pil. Jika Anda lupa untuk minum pil KB selama dua hari, minumlah dua pil saat Anda mengingatnya dan 2 pil lagi keesokan harinya. Dengan demikian Anda akan kembali pada jadwal.

Tetapi terkadang karena kesibukan bukan tak mungkin kita lupa minum lebih dari dua kali. Jika ini yang terjadi, tanyakan pada dokter atau bidan apa yang harus dilakukan. Biasanya mereka akan menyarankan untuk minum satu pil setiap hari hingga minggu dan mulai satu kemasan, atau membuang satu pak dan mulai lagi dengan satu pak baru.

Untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, kapan pun Anda lupa minum pil, gunakan metode kontrasepsi lainnya sampai Anda menghabiskan satu pak pil.

Tidak teratur minum pil KB bisa meningkatkan kemungkinan dilepaskannya sel telur dari ovarium. Namun jika Anda lupa minum 7 pil terakhir (atau 4 pil atau 4 pil plasebo atau 2 pil terakhir dari 2 pil plasebo) dalam 28 hari pak pil, risiko kehamilan tak meningkat karena pil seperti ini biasanya memiliki kandungan tak aktif.

Tetapi ada juga pil yang tidak memiliki pil plasebo, karenanya Anda harus minum secara teratur. Jika haid terlambat dan Anda lupa minum satu atau lebih pil, lakukan pemeriksaan kehamilan.

Cukup banyak wanita yang tidak menstruasi saat mengonsumsi pil KB dosis rendah meski secara teratur minum pil. Hal ini termasuk normal dan tak perlu dikhawatirkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com