Senin, 27 Maret 2017

Health

KONSULTASI KEHAMILAN & KANDUNGAN Dr. Achmad Mediana, SpOG
Rumah Sakit Ibu Anak Kemang Medical Care
Ketua Yayasan Rumah Hati dan Pendiri Jakarta Breastfeeding Center (JBFC)

Adakah Pantangan Makanan Setelah Operasi Caesar?

Thinkstockphotos Ilustrasi

TANYA:
 
Halo dokter, saya ingin bertanya tentang pantangan sesudah melahirkan. Apakah benar setelah melahirkan caesar sebaiknya ibu tidak makan ikan, telur, atau ayam supaya luka jahitan operasi tidak gatal? Saya rencananya dua minggu lagi akan melahirkan dengan operasi karena panggul saya kecil. Terima kasih atas penjelasannya.
 
Valeria (27), Bandung
 

JAWAB:

Operasi caesar adalah salah satu cara untuk melahirkan bila tidak dimungkinkan untuk lahir pervaginam (alami). Operasi caesar dilakukan pada orang yang sehat, jadi bukan karena ada penyakit. Maka penyembuhan lukanya pun akan sempurna, bila tidak ada komplikasi.

Dengan teknik operasi saat ini, kerusakan jaringan akan minimal. Sehingga obat-obatan yang diperlukan juga seperlunya saja. Setelah operasi tidak ada pantangan makanan atau minuman. Semua biasa saja. Kalau ada yang perlu dihindari adalah obat-obatan alternatif dan jamu yang tidak jelas, karena khawatir palsu. Yang penting setelah operasi, ibu makan makanan yang bergizi, cukup istirahat dan olahraga ringan secara teratur.

Editor : Lusia Kus Anna

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat