Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Langkah-langkah Eksfoliasi Wajah yang Benar untuk Kulit Berjerawat

Kompas.com - 17/11/2023, 13:01 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Eksfoliasi perlu dilakukan secara teratur untuk merontokkan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Eksfoliasi juga perlu dilakukan oleh Anda yang memiliki kulit berjerawat sehingga bisa memudarkan tampilan jerawat dan bekasnya.

Selain memilih produk yang tepat, metode eksfoliasi yang dilakukan harus benar agar tidak menyebabkan iritasi pada wajah yang berjerawat.

Untuk lebih jelasnya, ketahui langkah-langkah eksfoliasi wajah yang benar untuk kulit berjerawat dan manfaatnya berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Eksfoliasi dan Manfaatnya untuk Kulit

Langkah-langkah eksfoliasi wajah yang benar

Eksfoliasi yang dilakukan bisa membantu untuk mengurangi tampilan jerawat, namun juga bisa menyebabkan iritasi jika tidak dilakukan dengan benar.

Dilansir dari American Academy of Dermatology Association (AAD), berikut adalah langkah-langkah eksfoliasi wajah yang benar untuk kulit berjerawat.

  • Memilih produk perawatan kulit yang tepat

Memilih produk perawatan yang tepat sangatlah penting karena tidak semuanya cocok untuk digunakan pada kulit berjerawat.

Bahkan, beberapa produk perawatan kecantikan bisa membuat kulit menjadi sangat kering atau memicu munculnya jerawat yang lebih banyak.

Anda yang memiliki kulit wajah yang berjerawat bisa menggunakan metode eksfoliasi kimia dengan produk yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), dan polyhydroxy acid (PHA).

Beberapa kandungan bahan tersebut dapat merontokkan sel-sel kulit mati, mengatasi pori-pori tersumbat, dan meningkatkan tekstur kulit berjerawat.

Baca juga: 5 Cara Eksfoliasi Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

  • Melakukan eksfoliasi secara hati-hati

Eksfoliasi perlu dilakukan secara hati-hati karena kulit yang berjerawat lebih sensitif dan lebih mudah untuk mengalami iritasi.

Anda bisa melakukan eksfoliasi menggunakan ujung jari dengan gerakan memutar selama 30 detik. Basuh wajah dengan menggunakan air hangat atau gunakan kuas wajah atau spons setelahnya.

Namun, Anda diimbau untuk tidak melakukan eksfoliasi jika memiliki luka terbuka atau saat kulit terbakar sinar matahari.

  • Mengoleskan pelembap

Eksfoliasi yang dilakukan dapat membuat kulit menjadi sangat kering sehingga lebih rentan untuk mengalami iritasi.

Untuk menghindarinya, Anda diimbau untuk mengoleskan pelembap setelah melakukan eksfoliasi agar kulit tetap sehat dan terhidrasi.

Baca juga: Apakah Kulit Berjerawat Perlu Pelembap? Berikut Penjelasannya…

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com