Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obat Kanker Kulit Siap Diluncurkan

Kompas.com - 28/03/2011, 16:42 WIB

Kompas.com - Yervoy atau ipilimumab, obat untuk mengatasi melanoma, jenis kanker kulit yang paling mematikan, telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA). Sebelumnya terapi utama melanoma adalah pengangkatan tumor melalui pembedahan.

Melanoma biasanya timbul dari sel penghasil pigmen kulit (melanin) dan tidak menimbulkan rasa nyeri. Radiasi sinar ultraviolet merupakan penyebab utama melanoma. Jenis tahi lalat tertentu juga dapat berubah menjadi melanoma.

Menurut data FDA, tahun 2020 di Amerika Serikat ditemukan 68.130 pasien yang terdiagnosa melanoma dan 8.700 orang di antaranya meninggal dunia.

Yervoy bekerja untuk menahan molekul yang disebut CTLA-4 yang diyakini akan melemahkan sistem imun sehingga kemampuan tubuh untuk melawan kanker terganggu.

Obat produksi Bristol-Myers Squibb  ini sudah dievaluasi klinik terhadap 676 pasien melanoma yang kankernya telah menyebar atau tidak bisa dibedah lagi. Seluruh pasien disebutkan memberi respon pada jenis terapi  melanoma lain yang juga disetujui FDA.

Dalam percobaan terhadap Yervoy, angka harapan hidup pasien mencapai 10 bulan, lebih lama dibanding pasien yang tidak mengonsumsi obat, yakni 6,5 bulan. Efek samping yang dialami pasien meliputi rasa letih, diare, kulit memerah dan inflamasi di organ dalam.

Sekitar 13 persen pasien dilaporkan mengalami reaksi autoimun yang fatal. Sehingga FDA merekomendasikan agar dokter yang meresepkan obat ini memberi penjelasan secara detil kepada pasien, terutama efek sampingnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com