Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2013, 14:03 WIB

TANYA :

Dok, kenapa saya sering sekali bersendawa? Padahal, saya tidak dalam posisi kenyang atau sudah makan. Saat sedang lapar pun saya sering mengeluarkan sendawa. Dalam waktu 1 jam bisa 20-40 kali bersendawa. Apakah ini normal? Kadang saya juga suka mengalami nyeri pada dada sebelah kanan hingga punggung, tangan sering kesemutan. Apabila sudah sendawa rasa nyeri berkurang atau hilang. Apakah itu menunjukkan ada yang salah dengan pencernaan saya  atau ada keseleo pada bagian punggung? Mohon penjelasannya terima kasih.

(Achmad Thoha, 41 tahun, 162 cm, 65 kg, Malang)
 

JAWAB :


Saudara Achmad Toha di Medan yang Saya hormati

Dalam praktek sehari-hari, Saya juga sering menerima keluhan sendawa ini. Pada umumnya kasus-kasus yang Saya temui juga normal, tidak Saya dapatkan penyakit dasarnya. Sekitar 7 persen populasi memang sering mengalami keluhan seperti ini.

Menelan udara bersamaan dengan waktu kita makan, minum, apalagi dalam keadaan stres, terburu-buru, bicara waktu makan, kebiasaan minum menggunakan sedotan, makan permen, minuman bersoda  merupakan penyebab utama sendawa ini. Menelan udara juga sering terjadi tanpa kita sadari karena kita cemas, gugup.

Pada beberapa Pasien  sendawa bisa merupakan suatu kebiasaan yang yang dilakukan berulang-ulang, tanpa ada hubungannya dengan jumlah gas dalam lambungnya, dan bisa juga akibat rasa tidak enak di lambung dan dengan melakukan sendawa ini perasaan tidak enak itu bisa berkurang, ini tanpa disadari  dapat mendorong seseorang melakukan kebiasaan bersendawa.

Refluks asam lambung yang masuk ke dalam esofagus, gastritis, tukak duodenum, dispesia, gangguan pada pankreas, batu pada kandung empedu, keterlambatan pemgosongan lambung bisa juga mengakibatkan keluhan sendawa.

Pada kasus Saudara, walaupun ada keluhan nyeri, tetapi berkurang atau bahkan hilang setelah Anda sendawa, asumsi Saya ini masih normal, mamun kemungkinan ada penyakit dasarnya seperti batu empedu belum dapat disingkirkan begitu saja, Untuk itu Saya sarankan Saudara memeriksakan diri ke Internist setempat.

Sementara itu, untuk mengurangi keluhan-keluhan Saudara kiat di bawah ini mudah-mudahan dapat membantu:

1. Makan dan minumlah dengan tenang, pelan-pelan, jangan terburu-buru
2. Hindari penggunaan sedotan waktu minum
3. Kurangi, atau bahkan hindari sama sekali minuman bersoda, bir.
4. Berhenti merokok
5. Pertahankan berat badan normal
6. Hentikan kebiasaan makan permen
7. Olahraga teratur

Terimakasih, semoga betmanfaat!

Wassalam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com