Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut Berlebihan pada Kaki, Ketiak dan Payudara

Kompas.com - 20/09/2013, 10:00 WIB


TANYA :

Dok, di tubuh saya banyak tumbuh rambut berlebihan jika dibandingkan dengan wanita pada umumnya. Di daerah yang pada wanita umumnya tidak berambut, milik saya berambut.

Di kaki saya tumbuh rambut yang cukup lebat., begitu pula di daerah ketiak. Yang membuat saya cemas, di daerah payudara saya juga tumbuh rambut-rambut halus. Tanpa disengaja, saya sebuah membaca artkel yang menyebutkan bahwa wanita dengan pertumbuhan rambut yang berlebihan adalah penderita PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).

Namun dalam artikel itu disebutkan bahwa kebanyakan penderita PCOS ini adalah wanita yang memiliki berat badan lebih dan siklus menstruasinya tidak teratur, sedangkan berat badan saya cenderung kurang dan siklus menstruasi saya teratur. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya termasuk penderita PCOS? Jika iya, bagaimana mengobatinya? Terima kasih sebelumnya.

(Aiko, 23, Kediri)

 

JAWAB :

Perempuan yang mengalami pertumbuhan rambut yang tidak normal, berkaitan dengan fungsi hormon testosteron yang berlebihan. Keadaan ini disebabkan oleh gangguan atau penyakit tertentu.

Salah satu gangguan yang sering mengakibatkan pertumbuhan rambut tidak normal pada perempuan ialah PCOS (polycystic ovary syndrome). Pada keadaan ini terjadi tumor pada indung tekur, yang kemudian mempengaruhi produksi hormon testosteron. Tidak selalu perempuan yang mengalami PCOS mengalami kegemukan.

Demikian juga menstruasi pada mulanya tidak langsung terganggu, walaupun pada akhirnya terjadi gangguan. Saya sarankan Anda  berkonsultasi lebih jauh untuk memastikan apa yang sebenarnya Anda alami. Dengan demikian selanjutnya Anda mendapat pengobatan yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com