Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2014, 16:57 WIB
Rosmha Widiyani

Penulis

KOMPAS.com– Anda tak perlu merasa terganggu dengan jerawat karena masalah kulit ini bisa dihadapi bahkan dengan cara sederhana. Anda juga tak perlu mengandalkan aneka krim atau mencoba aneka perawatan yang banyak tersedia untuk menyingkirkan jerawat. Dengan asupan tepat yang sehat kaya nutrisi, jerawat atau kantung minyak yang terinfeksi akibat pori tersumbat, perlahan bisa hilang.

Berikut asupan yang bisa membantu mengatasi jerawat:
1. Sayuran hijau.
Sayuran berdaun hijau yang segar, seperti bayam, selada, arthichoke, dan kubis ternyata tidak hanya baik untuk kesehatan dan pencernaan. Sayuran ini juga membantu tubuh mengatasi jerawat yang timbul, dengan kandungan vitamin, mineral, serta antioksidan di dalamnya.

2. Mentimun.
Mentimun merupakan sumber vitamin A, C, E, air, dan asam amino. Kandungan tersebut membantu tubuh mengatasi jerawat.

3. Bawang putih.
Bawang putih mungkin memiliki aroma yang tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Namun kandungan antibakteri yang dimilikinya akan meningkatkan imunitas, hingga mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

4. Teh dan kopi.
Teh dan kopi bisa membantu tubuh mengatasi jerawat, selama tidak ditambah terlalu banyak gula. Teh dan kopi akan membantu membersihkan tubuh dari segala jenis racun, hingga jerawat bisa teratasi.

5. Tomat.
Buah merah ini tidak hanya kaya vitamin C. Tomat juga kaya bioflavanoid yang membantu mengobati kulit terluka atau rusak. Konsumsi tomat secara rutin akan membantu mengurangi jerawat yang timbul.

6. Minyak zaitun.
Olive oil atau minyak zaitun lebih ringan dan mudah diserap tubuh. Minyak ini juga lebih mudah dimanfaatkan, sehingga menekan risiko timbulnya jerawat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com