Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/04/2014, 08:19 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis


KOMPAS.com - Para pengguna lensa kontak sebaiknya tidak mengandalkan cairan pembersih untuk membunuh bakteri yang terdapat dalam lensa kontak. Selain dibersihkan dengan cermat, penggunaan lensa kontak juga tak boleh sembarangan.

Bila kita tidak menjaga kebersihan lensa kontak, ada jenis bakteri yang disebut mikroba keratitis yang bisa bertahan di cairan pembersih lensa kontak selama lebih dari 4 jam.

Di Amerika Serikat, tercatat lebih dari 30.000 - 50.000 kasus infeksi mikroba keratitis. Infeksi ini menyebabkan gejala nyeri pada mata, penglihatan kabur, sensitif pada cahaya, air mata terus keluar, dan keluar cairan. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera cabut lensa kontak dan periksakan mata ke dokter.

Infeksi keratitis yang dibiarkan bisa menyebabkan gangguan penglihatan, bahkan pada yang ekstrem kebutaan.

Ada beberapa tips yang perlu diketahui para pemakai lensa kontak untuk menjaga higienitas lensa pengganti kaca mata ini.

- Selalu cuci tangan dengan sabun dan air, lalu keringkan tangan sebelum Anda menyentuh lensa kontak.

- Meski di botol cairan pembersih tertulis "tak perlu digosok", tetapi tetaplah menggosok lensa kontak secara perlahan saat membersihkan. Mikroorganisme terkadang bercampur dengan material organik dari mata seperti protein sehingga tidak bisa dihilangkan hanya dengan merendamnya.

- Jangan tidur memakai lensa kontak, kecuali dokter mata menyatakan tidak apa-apa.

- Jangan mandi memakai lensa kontak. Selain itu selalu lepaskan lensa kontak sebelum berenang atau berendam di air panas agar lensa kontak tidak terkontaminasi air.

- Gantilah lensa kontak jika masa pakainya sudah selesai, bahkan jika rasanya masih nyaman untuk dipakai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com