Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2014, 08:35 WIB

KOMPAS.com - Lingkar perut yang terus melebar pada seorang pria terkadang dikaitkan dengan kebiasaannya meminum alkohol. Meski bir bukanlah sumber kalori, tetapi kebiasaan mengonsumsi bir sebaiknya tidak dilanjutkan.

Menurut Dr.Marion Nestle, profesor nutrisi dan ilmu pangan dari New York University, minum bir memang tidak akan membuat perut buncit, kecuali jika diminum secara berlebihan.

"Jika dikonsumsi secara berlebihan minuman beralkohol juga bisa menyebabkan kegemukan. Tetapi perut buncit sebenarnya berasal dari kelebihan kalori, baik itu dari makanan, minuman manis, atau pun bir," katanya.

Ia menjelaskan, bahaya utama dari kebiasaan menenggak bir sebenarnya adalah peningkatan risiko penyakit hepatitis alkoholik atau pun penumpukan lemak di hati.

Secara umum, menurut Michael Jensen, pakar endokrin dari Mayo Clinic, alkohol dikaitkan dengan perut buncit karena ketika kita mengonsumsi alkohol maka organ liver akan membakar alkohol, bukannya lemak.

Selain itu, meski kandungan kalori dalam bir relatif kecil, sekitar 150 kalori, tapi kita sangat mudah kelebihan jika kita minum bir lebih dari satu gelas.

"Jangan lupakan kalori yang kita dapatkan dari makanan. Alkohol akan meningkatkan nafsu makan, sehingga sangat mungkin di acara pesta kita mengasup banyak makanan lain selain bir," kata Jensen.

Kelebihan lemak di sekitar perut juga terjadi karena kita kurang bergerak sehingga kelebihan kalori akan disimpan sebagai lemak. Kondisi ini juga dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, dan hormon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com