Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/07/2014, 19:25 WIB
Unoviana Kartika

Penulis


KOMPAS.com —
Rasa lelah beraktivitas biasanya diikuti dengan penurunan konsentrasi. Jika hal ini terjadi di tengah tumpukan pekerjaan, tentu tidak boleh diabaikan agar kinerja tak menurun.

Cara umum yang dilakukan orang untuk mengembalikan daya konsentrasi adalah dengan minum minuman berkafein seperti minuman berenergi atau kopi. Namun, perlu diingat juga, daya diuretik dari kafein akan memicu tubuh dehidrasi. Padahal dehidrasi juga merupakan penyebab menurunnya daya konsentrasi.

Lantas seperti apa alternatifnya? Berikut daftar makanan yang dapat meningkatkan daya konsentrasi, tetapi tetap sehat untuk dikonsumsi sehari-sehari.

1. Cokelat hitam
Cokelat hitam dapat dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman. Cokelat hitam memiliki kemampuan meningkatkan kadar serotonin dan endorfin yang berkaitan dengan konsentrasi yang lebih baik. Natalie Stephens, pakar diet di Ohio State University Wexner Medical Center, mengatakan, cokelat hitam juga merupakan sumber antioksidan, vitamin, dan mineral yang baik.

2. Air
Mungkin terdengar sepele, tetapi segelas air mungkin bisa jadi kunci kembalinya daya konsentrasi Anda. Haus dan dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Maka pastikan Anda cukup minum dalam sehari yaitu mencapai 2 liter.

3. Bluberi
Tidak hanya rasanya enak dan kaya antioksidan, peneliti menyebut buah ini dapat meningkatkan kemampuan memori seseorang. Studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengungkap, orang yang minum jus bluberi setiap hari dalam dua bulan mengalami peningkatan kemampuan belajar dan mengingat yang signifikan.

4. Teh hijau
Bila konsentrasi mulai sulit dilakukan, jangan langsung berinisiatif untuk membuat secangkir kopi. Karena secangkir teh hijau mungkin lebih bermanfaat untuk memperbaiki daya konsentrasi. Konsumsi kopi terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala yang bisa berdampak buruk pada konsentrasi. Sementara itu, teh hijau dengan kandungan kafein yang lebih sedikit dapat menjadi lebih aman.

5. Buah bit
Umbi berwarna merah tua ini dapat membuat daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan kognitif secara keseluruhan menjadi lebih baik. Bit mengandung nitrat yang memperluas pembuluh darah, memperbaiki aliran darah dan oksigen ke otak. Inilah yang kemudian memperbaiki kemampuan otak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com