Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wewangian yang Bikin Pikiran dan Tubuh "Lahir Kembali"

Kompas.com - 30/07/2014, 09:47 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com — Indra perasa dan penciuman memiliki kekuatan untuk membuat tubuh merasa jauh lebih baik, atau sebaliknya. Wewangian bahkan dapat membangkitkan perasaan tertentu, misalnya aroma burger yang membuat lapar, atau aroma parfum yang biasa dipakai mantan kekasih yang membuat sedih atau justru marah.

Kini wewangian bahkan dimanfaatkan untuk terapi atau yang dikenal dengan istilah aromaterapi yang dapat menyembuhkan secara emosional, fisik, dan spiritual. Para pakar aromaterapi memanfaatkan wangi-wangian untuk memberikan efek-efek tertentu bagi tubuh, misalnya untuk menenangkan atau membuat semangat.

"Minyak esensial merupakan senyawa kimia yang volatil dan wangi, serta terdiri dari kumpulan unsur kimia yang banyak, sekitar 100-200 unsur. Unsur kimia yang kompleks membuat efek terapi pada minyak esensial," kata Chante Floreani, pendiri Root Down Botanicals, pusat pengobatan dengan aromaterapi.

Di antara banyak sekali pilihan minyak esensial, ada beberapa jenis minyak yang mampu membangkitkan kembali gairah dalam pikiran serta tubuh secara keseluruhan. Berikut empat minyak esensial itu.

1. Kayu manis
Aroma kayu manis dapat meningkatkan fungsi otak dengan kuat, memperbaiki daya awas, dan memperkuat ingatan. Mencium aroma rempah satu ini dapat memberikan dampak stimulasi yang luar biasa. Studi dalam jurnal North American Journal of Psychology menemukan, mencium aroma kayu manis dan peppermint dapat meningkatkan rasa awas, dan menurunkan frustrasi pada orang yang menyetir kendaraan dalam waktu yang lama.

2. Grapefruit
Aroma jeruk-jerukan seperti grapefruit dapat memperbaiki kadar stres. Sebuah studi asal Jepang yang dimuat dalam Journal of Psychopharmacology menemukan, aroma jeruk dapat memulihkan stres sehingga membuat perilaku lebih tenang. Floreani mengatakan, mencium aroma grapefruit dapat memberikan efek "bangun dan berenergi".

3. Lavender
Wewangian yang menenangkan dan lembut dari bunga satu ini telah banyak dimanfaatkan untuk banyak produk seperti sabun, minyak mandi, bahkan deterjen. Studi menemukan, aroma lavender dapat membantu tubuh tetap seimbang dan tenang dan terasa "lahir kembali".

4. Peppermint
Aroma peppermint diketahui dapat memperbaiki memori. Mencium aroma ini membantu untuk meningkatkan kemampuan mengenali, daya ingat, serta respons secara keseluruhan. Aroma peppermint juga diketahui mampu menenangkan kecemasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com