Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2014, 12:50 WIB

KOMPAS.com — Rasa nyeri atau sakit yang timbul pada tubuh kita kadang datang secara tiba-tiba. Tak jarang kita menganggap remeh rasa sakit tersebut, dan mengira akan hilang dengan sendirinya. Ternyata, ada beberapa rasa sakit yang sebenarnya tidak boleh Anda anggap remeh ataupun sampai mengabaikannya.

Menurut laman kesehatan dalam Today.com , inilah beberapa rasa sakit yang tidak boleh Anda abaikan  meskipun tampak remeh:

1. Sakit yang menusuk di antara tulang belikat

Bisa saja: serangan jantung

Sekitar 30 persen orang yang mengalami serangan jantung tidak tertangani dengan segera. Sakit di antara tulang belikat juga cukup sering terjadi pada wanita, biasanya juga diikuti dengan rasa nyeri di rahang, sesak napas, dan mual. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini (bisa lebih dari satu), Anda membutuhkan perawatan segera.

Bila Anda merasa nyeri otot hanya terasa sedikit menyengat, serangan jantung terasa seperti hunjaman pisau yang tajam. Bila itu yang Anda rasakan, segera cari pertolongan. Jangan menyetir sendiri ke rumah sakit, lebih baik panggil orang lain untuk mengantarkan Anda ke Unit Gawat Darurat.

2. Sakit kepala “seperti tersambar petir”

Bisa saja: aneurisma, yakni daerah seperti balon di arteri

Mengalami sakit kepala ringan atau sedang, sepertinya sudah biasa kita alami. Meminum obat sakit kepala generik pun bisa membuat rasa sakit itu pergi. Akan tetapi jika Anda merasa mendapat sakit kepala terburuk dalam hidup Anda dan datangnya secara tiba-tiba, cari bantuan! Ingat, jangan berkendara sendiri ke rumah sakit.

Bagaimana Anda tahu kalau itu bukan migrain? Migrain biasanya memiliki gejala mual, sensitif terhadap cahaya dan suara, dan sakitnya akan berkembang secara bertahap.

Sementara itu, pendarahan di otak karena pecahnya aneurisma bukanlah hal yang umum, tetapi ketika itu terjadi, tindakan yang cepat adalah kuncinya. Operasi dapat menyelamatkan hidup Anda dengan menutup kembali daerah yang lemah. Jika Anda tidak mendapat perawatan dengan segera, Anda dapat saja meninggal. Risiko terbesarnya adalah, jika aneurisma pecah dan terjadi pendarahan di otak, pengobatan akan jeadi lebih sulit dilakukan.

Jangan mengonsumsi aspirin, jika sakit kepala terjadi tiba-tiba atau terlalu intens. Aspirin bisa berisiko meningkatkan pendarahan.

3. Sakit perut pada area perut bawah sebelah kanan

Bisa saja: apendisitis (radang usus buntu)

Rasa nyeri biasanya dimulai pada area tengah perut dan secara bertahap bergerak ke kanan. Jika usus buntu tersebut pecah, dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya karena bakteri yang meledak ke dalam aliran darah akan menginfeksi seluruh tubuh Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com