Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/08/2014, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Membilas badan setelah berenang memang hal yang lumrah kita lakukan, alasannya supaya tubuh bersih setelah terkena air kolam. Namun, berapa banyak orang yang membasahi tubuhnya sebelum masuk ke kolam renang?

Membilas badan sebelum berenang memang belum jadi kebiasaan. Aktivitas tersebut dinilai percuma karena toh nanti badan akan basah di kolam renang. Padahal, hal ini penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

"Bila tidak membilas badan sebelum masuk ke kolam renang, Anda akan membawa kotoran apapun yang menempel di kulit Anda," kata Michelle Hlavsa, seorang ahli kesehatan masyarakat dan kepala pencegahan penyakit kulit melalui air di CDC.

Kotoran yang ia maksud adalah minyak alami yang diproduksi kulit, keringat, kosmetik, urine, bahkan bagian dari feses.

Hvalsa mengatakan, bahan-bahan tadi mengandung satu zat yang sama, yakni nitrogen. Ketika nitrogen bercampur dengan klorin yang terdapat di air kolam, akan terjadi reaksi yang disebut kloramin.

Senyawa kloramin ini mengikat klorin dan membuat zat ini tidak bisa melawan kuman-kuman dalam kolam lagi. Apalagi, klorin tidak mutlak membunuh semua bakteri. Ada kuman-kuman yang berhasil bertahan dan menyebabkan penyakit bila terminum.

Kloramin juga menyebabkan bau yang biasanya tercium di kolam renang. "Kolam renang yang baik itu tidak berbau," kata Hvalsa.  Selain itu, kloramin-lah yang membuat mata Anda merah ketika berenang, memicu asma, bahkan menyebabkan iritasi kulit. Biasanya kita menganggap hal itu disebabkan oleh klorin.

Para ilmuwan memang masih memperdebatkan bahaya kloramin, terutama terkait dengan risiko asma dan reaksi kimia yang muncul pada zat yang ada dalam kulit.

"Klorin punya fungsi penting untuk melindungi kita dari kuman di air. Dengan membasahi badan sebelum berenang, kita akan membiarkan lebih banyak klorin di kolam," katanya.

Mandi dengan sabun memang cara yang paling efektif untuk membersihkan badan. Namun, riset di Belanda pada 2012 mengklaim bahwa membilas badan selama 1 menit sudah sangat cukup.

Ingatlah ketika Anda membasahi badan sebelum berenang, sebenarnya Anda sedang membuang semua yang akan Anda bagi ke orang lain. Apalagi, masuk ke kolam renang seperti halnya masuk ke bak mandi berukuran besar bersama. Tentu lebih bijaksana jika kita menjaga kebersihannya. (Kevin Sanly Putera)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com