Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mungkinkah Silikon di Payudara atau Bokong Bisa Pecah?

Kompas.com - 06/10/2014, 07:05 WIB
Dian Maharani

Penulis


KOMPAS.com
-  Menyempurnakan bentuk tubuh dengan operasi plastik kini bukan hal yang aneh untuk dilakukan. Mulai dari memperbesar payudara hingga bokong dengan pemasangan silikon. Seperti yang dilakukan terpidana kasus penggelapan dan pencucian dana nasabah Citibank sebesar Rp 16 miliar, Melinda Dee.

Namun, kini Melinda mengalami masalah dengan pemasangan silikon itu. Menurut Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenhuk dan HAM Jawa Barat, Giri Purbadi, silikon pada payudara dan bokong Melinda meleleh sehingga harus dirawat di RS Santosa, Kota Bandung.

Sementara itu, dokter di Lapas Wanita Kelas II A Sukamiskin, Kota Bandung, dr Sri Ulina, mengatakan silikon pada bagian bokong Melinda yang dipasang sekitar empat tahun lalu itu pecah karena Melinda terjatuh dari kamar mandi.

Apa yang menyebabkan silikon Melinda bermasalah belum bisa dipastikan sebab tidak ada pernyataan resmi dari pihak Melinda mengenai kondisi yang sebenarnya terjadi. Jika memang Melinda memasang implan silikon pada bokong maupun payudaranya, seharusnya tak mudah pecah ataupun meleleh.

Secara umum, dokter spesialis bedah plastik Irena Sakura Rini mengatakan, pemasangan implan sangat aman digunakan.

"Kalau pecah atau bocor itu karena benturan yang ekstrem misalnya kecelakaan mobil. Itu pun enggak gampang pecah juga. Atau karena tusukan yang tajam, kecil seperti jarum. Tapi itu juga harus tembus kulit, lemak, dan fascia atau serat urat di bawah otot," terang Sakura saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/10/2014).

Menurut Sekretaris Jenderal Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik, Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) ini, pemasangan implan bahkan aman digunakan lebih dari 10 tahun.

Implan bisa menyebabkan peradangan jika tidak dilakukan sterilisasi saat operasi. Penyebab lainnya jika pasien tidak mematuhi ketentuan setelah operasi, misalnya seminggu setelah operasi melakukan pergerakan cukup keras. Berenang juga tidak diperbolehkan jika baru saja melakukan operasi silikon.

Hal senada dikatakan dokter spesialis bedah plastik Teuku Adifitrian atau yang akrab disapa Tompi.

"Implan itu enggak mungkin pecah kecuali ditusuk. Implan berupa balon yang terbuat dari bahan silikon khusus buat manusia," terang dia.

Masalah pada operasi plastik bisa saja terjadi jika tidak dilakukan sesuai prosedur, seperti membesarkan payudara dan bokong dengan silikon cair yang ternyata cairan minyak goreng. Hal ini dapat menyebabkan peradangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com