Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2015, 14:13 WIB
Dian Maharani,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi


TANGERANG, KOMPAS.com- Rumah Sakit Khusus Kusta Sitanala, Tangerang kini mulai banyak memberikan pelayanan untuk pasien dengan penyakit umum.
 
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek pun pada Rabu (25/2/2015) meresmikan Gedung Layanan Terpadu Dr.Adhyatma, MPH di untuk meningkatkan pelayanan umum dan kusta di RS Kusta Sitanala.

Dilihat dari jumlah kunjungan, pasien umum lebih banyak, yaitu 76 persen, dibandingkan pasien kusta hanya 24 persen. Untuk pelayanan rawat inap, pasien umum sebanyak 84 persen dan pasien kusta 16 persen. Jumlah ini menunjukkan bahwa pasien kusta sudah lebih berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.
 
"Keberadaan RS ini diharapkan dapat menurunkan angka kecacatan pada penderita secara signifikan," ujar Nila.
 
Selain itu, banyaknya pasien umum yang berobat di RS Siatanala, menurut Nila dapat menghilangkan stigma terhadap penderita kusta. Sebab, penderita kusta tak perlu dijauhi karena penularannya tak mudah.
 
"Berarti kalau bergabung dengan umum tidak masalah lagi," kata Nila
 
Sejauh ini, RS Kusta Sitanala menjadi tempat rujukan tertinggi bagi penanganan kasus kusta dan RS di sekitarnya untuk pelayanan khusus. Lebih dari itu, RS ini menjadi salah satu sarana pendidikan, penelitian, dan pengembangan tenaga medis dalam pengobatan rehabilitasi kusta.
 
RS Sitanala didirikan sejak 1956 yang mulanya merupakan leprosarium kusta. Kini, terdapat 18 poliklinik di Sitanala. Mulai dari poliklinik umum, poliklinik gigi, dan 15 poliklinik spesialis.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com