Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/08/2015, 19:40 WIB

KOMPAS.com - Saat sedang menstruasi, perempuan biasanya akan mudah marah, cenderung jadi malas, atau bahkan mengalami kram atau nyeri yang disebabkan oleh adanya perubahan hormon. Nyeri saat menstruasi memang sangat tidak menyenangkan, mau bergerak saja rasanya sudah malas, apalagi kalau harus berolahraga.

Tetapi, sudah ada bukti kalau olahraga bisa membantu mengatasi kembung, melancarkan sirkulasi darah, dan juga meringankan kram akibat menstruasi. Hanya saja, hindari olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban dan olahraga lain yang terlalu melelahkan.

Olahraga yang disarankan selama menstruasi adalah yang ringan dan menenangkan. Berikut beberapa olahraga tepat untuk mencegah nyeri menstruasi.


1. Jalan cepat
Olahraga yang paling disarankan untuk mengurangi serangan kram perut adalah latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah. Salah satu caranya adalah dengan jalan cepat. Aktivitas ini akan membantu membentuk otot dan meningkatkan detak jantung. Anda bisa berjalan santai sambil mengelilingi lingkungan rumah selama 30 menit.


2. Lari santai
Lari sekarang ini sedang jadi tren. Nah, jika Anda salah satu penggemar olahraga ini, maka Anda bisa melakukannya selama menstruasi. Tapi, jangan terlalu memaksakan diri sehingga jadi terlalu lelah.

Sebelum berlari, usahakan minum banyak air putih. Ini akan membantu meningkatkan pemompaan darah dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat. Selain itu, tingkat energi juga akan meningkat sehingga akan membantu sindrom menstruasi yang dialami secara alami.


3. Berenang
Berenang adalah salah satu cara yang paling tepat untuk berolahraga selama menstruasi. Lakukan gerakan yang santai dan lambat. Hindari melakukan gerakan agresif atau jarak yang terlalu jauh. Salah satu cara terbaik untuk bersantai, menghindari kram perut, sekaligus berolahraga, adalah dengan gaya punggung. Ini pasti akan meningkatkan aliran darah dan meningkatkan energi.


4. Yoga
Yoga termasuk salah satu olahraga yang sangat cocok dilakukan untuk meredam rasa sakit. Lakukan gerakan yang berfokus pada peregangan perut dan abdomen. Latihan pernapasan juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.


5. Aerobik
Aerobik juga bisa dilakukan untuk mengeluarkan keringat, sekaligus bersenang-senang dengan gerakannya yang enerjik. Olahraga ini bisa membuat Anda merasa lebih segar dan berenergi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com