Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2016, 19:15 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Dewan Pengawas San Francisco sudah membulatkan suara pada minggu ini untuk melaksanakan undang-undang baru terkait usia legal merokok.

San Francisco bersama dengan Boston, New York, dan lebih dari 100 kota lainnya di AS resmi akan menaikkan usia minimum untuk membeli rokok, e-rokok, serta produk yang berhubungan dengan tembakau.

Pada 1 Januari lalu, Hawai telah lebih dulu menjalankan kebijakan ini dan menjadi negara AS pertama yang menaikkan usia merokok dari 18 menjadi 21 tahun.

Kebijakan ini dianggap penting. Pasalnya, bila dilihat dari perspektif kesehatan, remaja usia 15 dan 17 adalah yang paling rentan terhadap kecanduan rokok, karena adanya bagian otak yang masih berkembang, menurut sebuah studi yang dirilis oleh Institute of Medicine.

Meskipun sebagian besar anak usia sekolah menengah dan siswa SMA di Amerika Serikat tidak pernah merokok, 48% dari mereka melaporkan telah terpapar asap rokok, menurut sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention.

Menurut The American Academy of Pediatric, meningkatkan usia minimum merokok mampu mengurangi risiko kematian dini sebanyak 250.000 kasus dan mengurangi 50.000 kematian akibat kanker paru-paru di antara orang-orang yang lahir antara tahun 2000 dan 2019.

“Ini menandakan tidak akan ada siswa SMA yang boleh membeli dan menghirup tembakau,” kata Dr Karen Wilson, seorang profesor pediatri di Rumah Sakit Anak Colorado.

"Selama ini, banyak anak-anak di bawah 18 tahun yang mendapatkan tembakau dari kakak kelas mereka yang usianya lebih dari 18 tahun,” katanya.

Wilson juga mengatakan, ada beberapa bukti bahwa paparan nikotin (baik secara langsung atau melalui asap rokok) akan mempengaruhi otak remaja dan membuat mereka lebih mungkin kecanduan nikotin di masa depan.

"Tembakau bisa dibilang adalah zat yang paling adiktif di bumi," kata Dr Sanjay Gupta, CNN chief medical correspondent.

"Tidak peduli berapa usia Anda, merokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk tubuh Anda."
Hanya 20 menit setelah Anda memutuskan untuk tidak merokok, detak jantung dan tekanan darah mulai menurun.

Dalam 24 jam, risiko penyakit jantung juga ikut turun. Dua minggu kemudian, fungsi paru-paru Anda kembali membaik dan Anda akan merasa lebih sehat. Setelah lima tahun, risiko kanker menurun.

Bahkan, pada 20 tahun kemudian, menurut beberapa penelitian, kesehatan Anda sama dengan orang yang tidak pernah merokok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com