Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mengapa Penurunan Berat Badan Bikin Sehat

Kompas.com - 04/05/2016, 08:16 WIB

KOMPAS.com - Berhasil menurunkan berat badan, selain senang karena jeans favorit akhirnya muat kembali, memliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Untuk meningkatkan motivasi Anda dalam upaya penurunan berat badan, ketahui apa saja keuntungan dari berkurangnya bobot tubuh.

1. Menekan risiko kanker
Obesitas merupakan faktor risiko beberapa jenis kanker, termasuk endometriosis, pankreas, dan kanker payudara setelah menopause. Sekitar 40 persen kasus dipengaruhi oleh kegemukan berlebih.

Ada beberapa alasan mengapa membawa bobot badan berlebih meningkatan risiko kanker. Pertama, hal itu akan memicu inflamasi berlebihan dalam tingkat sel. Selain itu, sel lemak juga merangsang hormon yang mungkin berpengaruh pada pertumbuhan sel kanker. Karenanya, menurunkan berat badan akan mengurangi risiko kanker.


2. Mengurangi risiko diabetes
Kegemukan juga menjadi salah satu faktor risiko diabetes. Karenanya, masuk akal jika mengurangi bobot tubuh akan menurunkan risiko penyakit ini.

Dalam sebuah penelitian, orang obesitas dengan diabetes tipe 2 yang menjalani diet pembatasan kalori sampai 600 perhari, memiliki kadar gula darah yang normal.

3. Menyehatkan jantung
Makin besar penurunan berat badan yang dimiliki orang obesitas, makin besar pula efek positifnya bagi jantung. Orang gemuk yang mengidap diabetes melitus dan berhasil turun berat badan 5-10 persen, mengalami perbaikan dalam kadar tekanan darah, kolesterol
jahat, dan trigliserida.

4. Tidur lebih nyenyak
Siapa yang tidak ingin tidur nyenyak dengan durasi yang lama? Salah satu cara mendapatkannya adalah mengurangi berat badan. Ini karena orang yang kelebihan berat badan biasanya mengalami sleep apnea (henti napas saat tidur) yang ditandai dengan ngorok.

Sleep apnea bisa membuat pasokan oksigen ke otak berkurang beberapa detik, tapi karena terjadi beberapa kali dalam satu malam maka keesokan harinya kita akan jadi lesu, sulit berkonsentrasi, mirip dengan orang yang habis begadang.

5. Meningkatkan kepercayaan diri
Penurunan berat badan bukan hanya untuk tubuh, tapi juga untuk pola pikir kita. Menurut beberapa penelitian, penurunan berat badan terkait dengan peningkatan rasa self-esteem, citra diri, serta dapat mengurangi gejala-gejala stres.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com