Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2016, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Anda tak perlu sekolah ilmu gizi untuk tahu bahwa seharusnya kita membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Sayangnya, makanan tersebut biasanya menjadi sajian istimewa di Hari Raya.

Makanan yang tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol, merupakan penyebab kadar kolesterol dalam darah meningkat. Daging, produk susu, cakes, dan masih banyak lagi, merupakan sumber kolesterol yang perlu diwaspadai.

Di Hari Lebaran, hidangan mengandung santan dan berdaging merupakan sajian wajib di setiap rumah. Tak perlu takut mengonsumsinya. Jika Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, makanlah dalam jumlah secukupnya.

Selain itu, pilah-pilah menu apa yang akan Anda makan. Misalnya, pilih lauk rendah lemak seperti daging tanpa lemak, ikan, atau dada ayam tanpa kulit.

Bila memungkinkan, carilah menu yang pengolahannya dengan cara ditumis, dipepes, atau direbus.

Kontrol diri mutlak kita miliki agar tak berlebihan saat makan. Jika Anda sudah mengambil daging, tak perlu menambahkan telur. Untuk makanan penutup, pilihlah buah atau salad ketimbang es krim atau kue-kue manis yang tinggi kalori.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com