Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2016, 17:15 WIB
Dian Maharani

Penulis

KOMPAS.com - Cokelat banyak disukai karena kelezatannya, baik dalam bentuk makanan atau dijadikan minuman. Di balik nikmatnya cokelat, ternyata ada banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Peneliti dari Brown University telah memperkuat temuan yang menyatakan senyawa dalam kakao baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition telah menganalisis 1.100 orang yang diminta konsumsi cokelat.

Mereka ingin mengetahui apakah cokelat yang mengandung senyawa flavanols dapat menjaga kadar kolesterol, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin dan hormon yang mengontrol kadar gula darah.

"Kami menemukan bahwa asupan coklat flavanol dapat mengurangi dislipidemia (peningkatan trigliserida), resistensi insulin, dan peradangan sistemik. Semua itu adalah faktor risiko penyakit kardiometabolik," ujar Direktur Center for Global Cardiometabolic Health di Brown University, Dr. Simin Liu.

Manfaat tersebut bisa didapatkan jika sehari-hari konsumsi sebatang cokelat maupun minuman yang terbuat dari bubuk kakao hitam.

Namun, penulis utama, Xiaochen Lin mengingatkan untuk tidak terlalu banyak konsumsi produk cokelat berupa permen atau cokelat putih, karena mengandung gula lebih tinggi dibanding cokelat hitam.

Meski rasanya lebih pahit, cokelat hitam atau dark cokelat adalah pilihan yang tepat untuk para pencinta cokelat agar mendapatkan manfaat sehat.

Manfaat kakao, khususnya dalam cokelat hitam sudah banyak ditemukan para peneliti. Selain untuk kesehatan jantung, makan cokelat hitam juga dipercaya membantu penurunan tekanan darah, bahkan penurunan berat badan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com