Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2016, 21:03 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Wanita yang sering berhubungan seks memiliki memori lebih baik. Riset menemukan penile-vaginal intercourse (PVI) membantu wanita mengingat kata-kata abstrak.

Riset itu dilakukan oleh tim dari McGill University, Kanada. Mereka menemukan hubungan antara seks dan pertumbuhan jaringan saraf di hippocampus, area di otak yang mengontrol emosi, memori dan sistem saraf.

Tim tersebut meminta 78 wanita heteroseksual berusia di bawah 30 tahun ambil bagian dalam tes memori yang meliputi wajah orang-orang dan kata-kata abstrak lainnya.

Mereka pun menyelesaikan kuesioner untuk mencatat rata-rata poin nilai dan apakah mereka menggunakan kontrasepsi.

Hasilnya menemukan, wanita yang paling sering berhubungan seks lebih baik mengingat kata-kata abstrak. Sayangnya, seks tidak memengaruhi skor mereka dalam mengenali wajah-wajah.

Penemuan itu menyimpulkan bahwa berhubungan seks berhubungan dengan fungsi memori dan hippocampus. Demikian tulis peneliti di Archives of Sexual Behaviour.

Hubungan itu mungkin karena faktanya, seks adalah sejenis olahraga. Mungkin juga seks membantu meringankan masalah mental seperti depresi dan stres yang berdampak pada memori.

Dibutuhkan riset lebih jauh untuk menemukan apakah mencapai orgasme pun memengaruhi memori.

"Zat kimia yang berhubungan dengan persinyalan pemberian reward, hormon dan neurotransmiter, terbukti berhubungan dengan memori dan aktivitas seksual," ujar Jens Pruessner, profesor psikologi di McGill University yang terlibat dalam studi tersebut.

Penelitian ini mengikuti studi terpisah yang menemukan wanita separuh baya dapat menikmati seks lebih baik ketika menua, karena mengalami peningkatan rasa percaya diri serta ketrampilan komunikasi lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com