Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2016, 20:20 WIB

KOMPAS.com - Selama organ reproduksi masih berfungsi normal, sebenarnya tak ada alasan bagi pria atau wanita yang berusia paruh baya untuk berhenti melakukan hubungan seks. Sayangnya, makin tua seks bisa berbahaya.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Michigan State Univesity menyimpulkan, makin tua usia seseorang, sebaiknya hubungan seks dilakukan lebih bijaksana. Bila tidak, hubungan seks bisa berakibat fatal.

Dalam penelitian itu, para peneliti mengamati data 2.204 orang di National Social Life, Health and Aging Project. Para partisipan studi itu berada di rentang usia 57-85 tahun saat gelombang pertama data dikumpulkan pada tahun 2005. Data pada tahap kedua dikumpulkan 5 tahun kemudian.

Untuk melihat bagaimana seks memengaruhi kesehatan jantung pria dan wanita berusia lanjut, tim peneliti menilai risiko kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) partisipan lewat pengukuran tekanan darah, detak jantung, protein C-reaktif dalam darah, serta ada tidaknya kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung, gagal jantung, dan stroke.

"Kami menemukan bahwa berhubungan seks seminggu sekali atau lebih bisa membuat pria usia lanjut mengalami kejadian kardiovaskular dua kali lebih tinggi dibanding dengan pria yang kehidupan seksualnya kurang aktif," kata Hui Liu dalam siaran persnya.

Lebih dari itu, pria yang merasakan seksnya sangat memuaskan justru memiliki risiko yang lebih besar.

Hubungan seksual bisa membuat tekanan yang besar pada tubuh. Seiring dengan usia, massa otot pun menjadi lemah dan berkurang, sehingga tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengatasi gangguan seksual dan menggapai orgasme.

"Pria usia lanjut memiliki kesulitan lebih besar mencapai orgasme, untuk alasan medis dan emosional dibanding saat muda. Hal ini menyebabkan kelelahan dan stres pada sistem kardiovaskular mereka saat mencapai klimaks," kata Liu.

Berbeda dengan kaum pria, risiko tersebut ternyata tidak berlaku pada wanita. Memiliki hubungan seks yang luar biasa di usia lanjut justru menurunkan risiko hipertensi dan risiko serangan jantung, serta stroke dalam waktu 5 tahun mendatang.

Walau demikian, bukan berarti kehidupan seks pria berusia di atas 60 tahun harus diakhiri. Jika sejak muda Anda memiliki gaya hidup sehat dan aktif, maka tubuh akan tetap bugar sampai tua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com