Salin Artikel

3 Fase Demam Berdarah yang Penting Diketahui

Ketika terinfeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk tersebut, seseorang kemungkinan besar akan mengalami perjalanan demam naik-turun. Perjalanan demam ini sering juga disebut sebagai Siklus Pelana Kuda.

Disebut demikian karena ketika digambarkan, laju perkembangan penyakitnya terlihat tinggi-rendah-tinggi yang mirip seperti alas duduk penunggang kuda.

Fase demam berdarah ini kiranya perlu diketahui oleh siapa saja untuk menghindari kemungkinan terburuk akibat yang sebabkan oleh DBD.

Orang yang sakit demam berdarah biasanya akan melalui tiga fase penyakit sejak kemunculan gejala pertama sampai dinyatakan sembuh.

Siklus demam berdarah ini menandakan bahwa tubuh penderita sedang berperang melawan virus dengue yang dibawa oleh nyamuk.

Berikut adalah penjelasan tentang gejala dan cara penanganannya dari masing-masing fase atau siklus demam berdarah yang penting diketahui:

1. Fase demam

Gejala:

  • Fase demam berlangsung pada hari pertama sampai ketiga setelah terinfeksi virus dengue
  • Seseorang akan mengalami demam hingga 39 - 40 derajat celsius dan disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, nyeri, ngilu sendi, sakit kepala, dan kadang ruam kemerahan di kulit

Penanganan:

2. Fase kritis

Gejala:

Penanganan:

  • Seseorang mungkin membutuhkan perawatan di rumah sakit
  • Ketika dirawat di RS, pasien DBD akan diberikan cairan infus
  • Penderita juga akan dipantau tanda vitalnya secara rutin dan keluar masuknya cairan tubuh sampai kondisinya membaik dengan senidirinya

3. Fase penyembuhan

Gejala:

  • Terjadi sesudah 5 - 7 hari
  • Pada fase ini, demam yang sudah turun kadang naik sesaat, tetapi tidak setinggi sebelumnya sehingga menyerupai pelana kuda
  • Fase kadang disertai ruam merah yang merata hampir di seluruh tubuh (convalescene rash) yang akan hilang sendiri

Penanganan:

  • Seseorang secara umum akan membaik
  • Beri asupan nutrisi yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, termasuk kadar trombosit

Untuk mencegah keparahan, siapa saja sangat disarankan dapat berkonsultasi dengan dokter ketika pertama kali mencurigai mengalami gejala DBD.

Dokter dapat mendiagnosis seberapa parah kondisi DPD pasien, dan menentukan harus dirawat di rumah sakit atau cukup hanya di rumah.

https://health.kompas.com/read/2021/08/11/193000968/3-fase-demam-berdarah-yang-penting-diketahui

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.