Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Obat Amandel saat Kambuh

Melansir Mayo Clinic, amandel adalah dua bantalan kecil berbentuk oval yang terletak di bagian belakang tenggorokan.

Ketika radang atau bengkak, ciri-ciri amandel bermasalah antara lain sakit tenggorokan, susah menelan, dan kelenjar getah bening di leher bengkak.

Cara mengobati amandel yang sakit perlu disesuaikan dengan penyebab mendasarnya, apakah dari infeksi virus atau bakteri.

Berikut beberapa jenis obat amandel kambuh yang biasanya diresepkan dokter:

1. Obat antibiotik

Melansir MedicineNet, dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mengatasi penyakit amandel yang disebabkan infeksi bakteri.

Hindari sembarangan minum obat antibiotik tanpa pengawasan dokter, karena minum obat ini sembarangan bisa membuat bakteri kebal obat dan penyakit susah disembuhkan di kemudian hari.

Sebelum memberikan obat antibiotik, dokter biasanya menimbang jenis bakteri penyebab penyakit, melihat kondisi kesehatan pasien, dan menimbang obat lain yang kemungkinan bisa berdampak pada kinerja obat.

Agar pengobatan tuntas, jika diberi obat antibiotik untuk amandel, pastikan penderita minum obat sesuai dosis, anjuran, dan obat diminum sampai habis kendati penyakit sudah membaik.

2. Obat penghilang rasa sakit

Untuk amandel yang disebabkan oleh infeksi virus, dokter tidak meresepkan obat antibiotik.

Biasanya, cara mengobati amandel bengkak atau radang karena virus dengan perawatan suportif untuk mengurangi gejala penyakit.

Untuk penderita yang merasakan nyeri, dokter jamak merekomendasikan obat penghilang rasa sakit dam menyarankan penderita banyak minum.

Hindari memberikan obat penghilang rasa sakit aspirin kepada anak dan remaja, kecuali diresepkan oleh dokter yang menangani.

3. Obat antiperadangan

Untuk mengobati amandel yang meradang, dokter biasanya juga membekali obat anti-peradangan untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Pastikan untuk selalu membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter sebelum minum obat antiperadangan.

Jangan menambahkan, atau mengurangi dosis, dan hindari minum obat ini lebih lama dari anjuran dokter.

4. Obat pelega tenggorokan

Dokter biasanya juga merekomendasikan obat pelega tenggorokan yang diminum atau disemprotkan untuk penderita amandel.

Obat pelega tenggorokan biasanya juga mengandung penghilang rasa sakit alami.

Sebelum memberikan obat pelega tenggorokan untuk anak-anak, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter karena bisa tersedak dan dampaknya bisa fatal.

5. Air garam

Kumur dengan larutan air garam juga bisa jadi obat amandel alami yang bisa mengurangi rasa sakit di rumah.

Berkumur pakai larutan air garam bisa membantu membersihkan lendir dari tenggorokan, sehingga mengurangi gejala penyakit.

Untuk kasus yang parah dan penyakit sudah tidak mempan diberi obat amandel, dokter biasanya merekomendasikan operasi amandel untuk mengobati masalah kesehatan ini.

https://health.kompas.com/read/2021/08/15/193100868/5-obat-amandel-saat-kambuh

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke