Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Menaikkan Hb (Hemoglobin) pada Ibu Hamil

Perlu diketahui, hemoglobin atau Hb adalah protein sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Hb diproduksi di sumsum tulang belakang. Tubuh membutuhkan zat besi, vitamin B12, dan folat agar kadar Hb normal atau memadai.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ibu hamil dianggap memiliki Hb rendah apabila kadar Hb kurang dari 11 g/L.

Kondisi Hb rendah pada ibu hamil tak boleh disepelekan karena bisa menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur, dan kematian pada ibu.

Namun, para ibu hamil tak perlu khawatir berlebihan jika mengalami Hb rendah. Masalah kesehatan ini dapat diatasi dengan beberapa cara.

Sebelum menyimak ulasan cara menaikkan Hb rendah pada ibu hamil, kenali dulu beberapa tandanya.

Tanda-tanda Hb rendah pada ibu hamil

Melansir American Pregnancy Association, penyebab Hb rendah saat hamil bisa karena sejumlah faktor, seperti masalah produksi sel darah merah dan kondisi kesehatan ibu hamil.

Ibu hamil bisa memiliki Hb rendah karena ketidakseimbangan proporsi antara plasma dan sel darah merah, terutama di trimester kedua kehamilan.

Selain itu, kekurangan zat besi, gangguan penyerapan zat besi, sampai pendarahan juga bisa menyebabkan kadar Hb turun di bawah normal.

Beberapa tanda-tanda Hb rendah pada ibu hamil yang kerap dikeluhkan di antaranya:

  • Badan lemas atau gampang lelah
  • Pusing
  • Sesak napas
  • Detak jantung cepat atau tidak teratur
  • Nyeri dada
  • Kulit, bibir, dan kuku pucat
  • Tangan dan kaki dingin
  • Susah konsentrasi

Gejala Hb rendah pada ibu hamil biasanya kerap diabaikan karena mirip masalah kehamilan lainnya.

Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk mewaspadainya karena seiring berjalannya waktu, gejala masalah kesehatan ini bisa memburuk.

Cara menaikkan Hb rendah pada ibu hamil

Terdapat beberapa cara menaikkan Hb rendah pada ibu hamil. Berikut beberapa di antaranya:

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi

Melansir Mom Junction, ibu hamil perlu mencukupi kebutuhan zat besi setidaknya 27 miligram per hari.

Untuk mencukupinya, ibu hamil bisa makan makanan kaya zat besi seperti daging sapi, telur, makanan laut, ayam, hati sapi, brokoli, kangkung, tahu, tempe, sampai kacang merah.

  • Makan makanan kaya vitamin C

Selain zat besi, ibu hamil juga perlu mengonsumsi asupan kaya vitamin C. Zat gizi ini penting untuk membantu penyerapan zat besi.

Beberapa asupan tinggi vitamin C di antaranya tomat, kembang kol, paprika, melon, stroberi, buah kiwi, pepaya, sampai jambu.

  • Konsumsi asupan mengandung vitamin B12

Tak hanya vitamin C, vitamin B12 juga membantu mengoptimalkan penyerapan zat besi yang penting untuk meningkatkan Hb pada ibu hamil.

Untuk meningkatkan asupan vitamin B12, ibu hamil bisa makan daging sapi, daging kambing, ikan terutama tuna, susu, keju, yogurt, atau susu kedelai yang difortifikasi vitamin b12.

  • Minum suplemen zat besi

Konsultasikan ke dokter untuk perlu tidaknya mengonsumsi suplemen zat besi atau vitamin khusus selama kehamilan.

Selama minum suplemen zat besi, ibu hamil sebaiknya menghindari susu, keju, yoghurt, telur, kopi, dan teh satu jam sebelum dan dua jam setelah minum suplemen zat besi agar penyerapan zat ini tidak terganggu.

Minum suplemen zat besi acapkali memperburuk mual pada ibu hamil. Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan makan dalam porsi kecil tapi sering. Atau, minum suplemen zat besi tepat sebelum tidur.

Apabila kondisi kadar Hb rendah pada ibu hamil cukup parah dan susah minum suplemen zat besi karena efek sampingnya, dokter biasanya merekomendasikan suntik suplemen zat besi.

  • Olahraga

Cara menaikkan Hb pada ibu hamil lainnya yakni rutin berolahraga. Saat olahraga,, tubuh akan memproduksi Hb lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang semakin meningkat.

Konsultasikan dengan dokter yang menangani terkait jenis olahraga yang paling pas untuk ibu hamil.

Jika kondisi fisik tidak memungkinkan untuk olahraga atau kehamilan rentan, ibu hamil bisa melakukan latihan pernapasan intens seperti pranayama.

  • Transfusi darah

Untuk kondisi Hb rendah yang cukup parah, cara meningkatkan Hb pada ibu hamil membutuhkan transfusi darah.

Mengingat cara menaikkan Hb rendah saat hamil sangat tergantung penyebabnya, penting untuk mendiskusikan solusi paling pas dengan dokter kandungan yang menangani.

Di beberapa kasus, terkadang penyebab Hb rendah saat hamil juga bisa berasal dari penyakit tertentu.

https://health.kompas.com/read/2021/08/27/160100468/6-cara-menaikkan-hb-hemoglobin-pada-ibu-hamil

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke