Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mata Belekan Bisa Sembuh dalam Berapa Hari?

Selain mata merah, penyakit ini juga ditandai dengan keluarnya cairan sedikit kental yang lengket kekuningan dan bisa mengeras di sudut mata.

Terkadang, penderita juga bisa merasakan matanya panas, gatal, sensitif dengan cahaya, dan kelopak mata bengkak.

Berikut penjelasan lebih lanjut lamanya proses penyembuhan mata belekan, cara mengobati, sampai kapan perlu waspada dengan masalah kesehatan ini.

Mata belekan sembuh berapa hari?

Lamanya mata belekan sembuh tergantung pada akar penyebab penyakit mata ini dan cara mengobatinya.

Apabila diobati dengan tepat dan dirawat dengan benar, mata belekan bisa sembuh dalam waktu tujuh hari sampai paling lama dua minggu.

Dilansir dari Healthline, mata belekan yang disebabkan infeksi virus seperti adenovirus dan herpes biasanya sembuh setelah diobati selama seminggu sampai dua minggu.

Sedangkan mata belekan karena infeksi bakteri Staphylococcus aureus atau Streptococcus pneumonia biasanya sembuh setelah diobati selama beberapa hari. Gejala penyakit umumnya sudah hilang dalam waktu 10 hari.

Cara mengobati mata belekan

Cara mengobati mata belekan perlu disesuaikan akar penyebabnya. Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut beberapa di antaranya:

Kapan perlu waspada dengan mata belekan?

Seperti yang sudah disinggung di atas, mata belekan umumnya sembuh dalam hitungan hari atau maksimal dua minggu.

Apabila beragam cara mengobati mata belekan di atas sudah dicoba tapi penyakit ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi lagi ke dokter.

Terutama jika kondisi mata belekan sangat sakit, menyebabkan pandangan kabur atau gangguan penglihatan lainnya, mata sangat merah, gejala tidak berkurang setelah diobati selama seminggu, dan kondisi sangat parah.

https://health.kompas.com/read/2022/05/30/190100768/mata-belekan-bisa-sembuh-dalam-berapa-hari-

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke