Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencegah Infeksi Paru-paru yang Harus Diperhatikan

KOMPAS.com - Mencegah infeksi paru-paru lebih baik dari pada mengobati, karena mikroba berbahaya yang mengganggu sistem pernapasan dapat mengancam jiwa.

Mengutip Medical News Today, infeksi paru-paru terjadi ketika mikroba berbahya, seperti bakteri atau virus masuk ke paru-paru dan menyebabkan kerusakan.

Tingkat keparahan infeksi paru-paru dapat ringan, juga berat hingga mengancam jiwa.

Sebagian besar jenis infeksi paru-paru dapat diobati dan kebanyakan orang sembuh, di sisi lain kondisi ini juga sangat berbahaya.

Apalagi, bagi mereka yang merupakan golongan yang rentan, seperti bayi, orang tua, atau orang yang sudah menderita penyakit paru-paru atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Contoh penyakit infeksi paru-paru, yaitu:

Cara mencegah

Mengutip Drugs.com dan American Lung Association, infeksi dapat menyebabkan kerusakan paru-paru lebih banyak dan serius. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai cara mencegah infeksi paru-paru, yaitu:

1. Rajin mencuci tangan

Rajin mencuci tangan adalah cara sederhana yang terpenting untuk mencegah infeksi paru-paru.

Cuci tangan setelah Anda menggunakan kamar mandi, mengganti popok anak, dan sebelum Anda menyiapkan makanan atau makan.

Gunakan sabun dan air bersih yang mengalir setiap kali Anda mencuci tangan.

Gosok tangan Anda dengan sabun hingga di sela-sela jari. Cuci setidaknya selama 20 detik.

2. Menghindari keramaian selama musim dingin dan flu

Tidak melakukan kontak dekat dengan orang yang sedang sakit. Mintalah teman dan keluarga untuk berkunjung hanya jika mereka tidak sakit.

Jika tidak bisa dihindari, harus menjaga protokol kesehatan. Jangan berada dekat dengan siapa pun yang bersin atau batuk.

3. Menjaga kebersihan mulut

Mulut yang bersih dapat melindungi Anda dari kuman di mulut yang menyebabkan infeksi. Sikat gigi setidaknya 2 kali sehari dan temui dokter gigi Anda setidaknya setiap 6 bulan sekali.

4. Vaksinasi

Vaksin membantu melindungi Anda dan orang lain di sekitar Anda dari beberapa infeksi. Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan vaksin yang aman dan efektif untuk mencegah infeksi paru-paru.

5. Minta yang sakit terapkan etika bersin atau batuk

Menggunakan tisu yang menutupi mulut dan hidung. Buang tisu ke tempat sampah segera. Gunakan tekukan lengan, jika tidak ada tisu.

Kemudian cuci tangan dengan sabun dan air atau gunakan pembersih tangan.

6. Tidak merokok

Nikotin dan bahan kimia lainnya dalam rokok dan cerutu dapat menyebabkan kerusakan paru-paru.

7. Membangun resistensi terhadap infeksi

Makan berbagai makanan sehat juga dapat menjadi cara menjaga infeksi paru-paru, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan gandum. Pilih makanan olahan susu, daging, dan makanan berprotein lain yang rendah lemak.

Perbanyak tidur dan aktivitas fisik, seperti olahraga. Penyedia layanan kesehatan juga Anda dapat membantu Anda membuat rencana olahraga yang tepat untuk Anda.

https://health.kompas.com/read/2022/07/01/210000068/cara-mencegah-infeksi-paru-paru-yang-harus-diperhatikan

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke