Salin Artikel

Faktor Utama Pria Berisiko Tinggi Terkena Kanker Prostat

KOMPAS.com - Ada beberapa pria berisiko tinggi terkena kanker prostat, karena memiliki faktor risiko yang tidak bisa diubah.

Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bawah kandung kemih pada pria dan merupakan bagian dari sistem reproduksi.

Kanker prostat adalah sel kanker yang tumbuh perlahan di kelenjar prostat.

Dalam kasus yang jarang terjadi, sel kanker prostat bisa lebih agresif, tumbuh dengan cepat, dan menyebar ke area lain di tubuh Anda.

Mengutip Prostate Cancer UK, ada tiga faktor utama membuat seorang pria berisiko tinggi terkena kanker prostat, di mana hal-hal itu tidak dapat diubah, yaitu:

  • Semakin tua: terutama menyerang pria berusia 50 tahun atau lebih
  • Memiliki riwayat keluarga dengan kanker prostat
  • Ras kulit hitam

Jika Anda memiliki salah satu dari faktor risiko tersebut, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter untuk membantu Anda mendapatkan cara mencegah kanker prostat.

1. Usia

Mengutip Healthline, salah satu faktor risiko terbesar untuk kanker prostat adalah usia.

Penyakit ini jarang menyerang pria muda.

Menurut Prostate Cancer Foundation, hanya 1 dari 10.000 pria di bawah usia 40 tahun di Amerika Serikat yang akan mengembangkan penyakit kanker prostat.

Jumlah itu melonjak menjadi 1 dari 38 pada pria yang berusia antara usia 40 hingga 59 tahun.

Ini melompat ke 1 dari 14 pria yang berusia antara usia 60 hingga 69 tahun.

Sebagian besar kasus didiagnosis pada pria yang berusia di atas 65 tahun.

Mengutip WebMD, semakin tua Anda, semakin tidak agresif penyakit kanker prostat, terutama setelah 70 tahun.

2. Riwayat keluarga dan genetik

Mengutip Prostate Cancer UK, riwayat keluarga memiliki informasi tentang masalah kesehatan yang bisa memengaruhi kondisi medis Anda.

Keluarga memiliki banyak faktor umum, seperti gen, lingkungan, dan gaya hidup.

Jika anggota keluarga Anda menderita kanker prostat atau kanker payudara, hal itu dapat membuat Anda berisiko tinggi terkena kanker prostat.

Anda dua setengah kali lebih mungkin terkena kanker prostat, jika ayah atau saudara laki-laki Anda mengidap penyakit ini dibandingkan dengan pria yang tidak memiliki kerabat dengan kanker prostat.

Peluang Anda terkena kanker prostat lebih besar, jika ayah atau saudara laki-laki Anda berusia di bawah 60 tahun saat didiagnosis penyakit ini atau jika Anda memiliki lebih dari satu kerabat dekat dengan kanker prostat.

Risiko Anda terkena kanker prostat juga mungkin lebih tinggi, jika ibu atau saudara perempuan Anda menderita kanker payudara.

Mengutip Healthline, riwayat keluarga dapat membuat seorang pria berisiko tinggi terkena kanker prostat karena Anda mungkin mewarisi DNA yang rusak.

Mutasi bawaan pada beberapa gen yang dianggap rusak dan menyebabkan kanker prostat, meliputi:

3. Pria ras kulit hitam

Mengutip Healthline, meskipun alasannya tidak sepenuhnya dipahami, ras dan etnis merupakan faktor utama yang membuat pria berisiko tinggi terkena kanker prostat.

Pria Afrika-Amerika lebih mungkin mengembangkan penyakit ini dari pada pria dari ras dan etnis lain.

Mereka dua kali lebih mungkin meninggal akibat kanker prostat dibandingkan pria kulit putih.

Mengutip Prostate Cancer UK, penelitian di Inggris menemukan sekitar 1 dari 4 pria kulit hitam akan terkena kanker prostat dalam hidup mereka.

Statistik itu dibuat dengan menggunakan informasi tentang pria yang tercatat sebagai orang hitam Afrika, Karibia, dan lainnya.

https://health.kompas.com/read/2022/07/11/180000868/faktor-utama-pria-berisiko-tinggi-terkena-kanker-prostat

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.