Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan yang Khas

Tak pelak, banyak pasangan berburu ciri-ciri hamil anak perempuan atau laki-laki sebelum melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter.

Beberapa mitos menyebutkan, wanita yang hamil anak perempuan biasanya berjerawat. Atau, wanita yang hamil anak laki-laki memiliki perut lebih buncit. Mitos tersebut telah dibantah para ahli lewat penelitian ilmiah.

Namun, ada beberapa penelitian kecil atau terbatas yang menunjukkan perubahan kondisi ibu hamil sebagai penanda wanita tengah mengandung anak perempuan. Berikut penjelasannya.

Ciri-ciri hamil anak perempuan

Terdapat sejumlah ciri-ciri hamil anak perempuan menurut beberapa studi. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mual dan muntah parah

Dilansir dari Whattoexpect, sebagian wanita mengalami mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness. Tapi, beberapa ibu hamil mengalami kondisi ini lebih parah dibandingkan biasanya.

Terdapat studi kecil yang membuktikan, wanita yang hamil anak perempuan cenderung mengalami mual dan muntah yang lebih parah dibandingkan ibu hamil anak laki-laki.

Hal itu dipengaruhi kadar homron kehamilan HCG yang lebih banyak diproduksi ibu hamil yang mengandung anak perempuan dibandingkan anak laki-laki.

Namun, perlu diketahui ada beberapa kondisi lain penyebab ibu hamil mengalami mual dan muntah parah saat mengandung buah hatinya. Dikutip dari Healthline, kondisi ini bisa dipengaruhi kadar gula darah rendah.

  • Mudah lupa

Beberapa penelitian juga menunjukkan, wanita yang hamil anak perempuan cenderung mudah lupa dibandingkan saat hamil anak laki-laki. Terutama untuk memori mendengarkan, komputasi, dan visualisasi.

Meskipun hasil penelitian merujuk hasil di atas, namun para ahli masih membutuhkan riset lebih lanjut untuk mengetahui kaitan antara kinerja otak dan kehamilan.

  • Lebih stres secara fisik dan psikologis

Studi kecil pada 2019 menunjukkan, ibu hamil anak perempuan cenderung lebih stres fisik dan psikologis dibandingkan hamil anak laki-laki.

Kondisi ini dipengaruhi posisi janin perempuan yang biasanya lebih rentan dibandingkan janin laki-laki.

Meskipun begitu, stres saat hamil juga bisa disebabkan masalah lain seperti perubahan tubuh yang bikin tidak nyaman sepanjang kehamilan, perubahan hormon, sampai tekanan atau masalah sehari-hari.

  • Bayi sungsang menjelang persalinan

Ciri-ciri hamil anak perempuan lain menurut studi tunggal di Hongaria yakni kondisi janin di dalam kandungan mendekati persalinan masih sungsang atau kaki di bawah dan kepala di bagian atas.

Biasanya, menjelang kelahiran posisi kaki bayi di atas dan kepala bayi di bagian bawah perut ibu hamil.

Namun, perlu diketahui juga, penyebab bayi sungsang secara umum baik bayi laki-laki maupun perempuan utamanya karena jumlah air ketuban terlalu banyak atau sedikit.

Cara mengetahui jenis kelamin bayi

Meskipun ada beberapa ciri-ciri hamil anak perempuan menurut beberapa studi atau penelitian terbatas, tapi cara paling tepat untuk mengetahui jenis kelamin bayi adalah dengan pemeriksaan kehamilan.

Ada beberapa prosedur medis untuk mengetahui jenis kelamin bayi, yakni:

  • Ultrasound
  • Amniosentesis
  • Oengambilan sampel vili korionik
  • Pengujian prenatal non-invasif

Hasil pemeriksaan kehamilan tersebut secara akurat bisa menunjukkan jenis kelamin janin di dalam kandungan ibu hamil. Jenis kelamin bayi bisa diketahui saat usia kehamilan memasuki usia 20 minggu.

Perlu diingat calon orangtua, ciri-ciri hamil anak perempuan yang sudah dijabarkan di atas tidak untuk menggantikan pemeriksaan kehamilan. Pasangan tetap perlu konsultasi ke dokter. Tak hanya untuk mengetahui jenis kelamin bayi, tapi juga kondisi kesehatan ibu dan bayi.

https://health.kompas.com/read/2022/08/20/060100168/4-ciri-ciri-hamil-anak-perempuan-yang-khas

Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke