Duduk Tegak Bikin Nyeri Punggung

Kompas.com - 29/06/2010, 14:17 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Masalah nyeri punggung bawah yang timbul akibat duduk lama banyak dialami pekerja yang aktivitasnya lebih banyak dilakukan dengan duduk. Posisi duduk yang salah akan menyebabkan kelelahan yang terlalu cepat karena otot pinggang menjadi tegang. Lama-lama akan menimbulkan nyeri di bagian punggung bawah.

Dalam sebuah penelitian menggunakan pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) diketahui bahwa posisi duduk yang ideal untuk punggung adalah bersandar pada sandaran kursi dan membentuk sudut sekitar 135 derajat. Posisi duduk tegak (90 derajat) atau membungkuk ke arah meja (kurang dari 70 derajat) akan menyebabkan nyeri punggung.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Kanada dan Skotlandia itu melibatkan 22 orang responden dengan kondisi punggung sehat. Mereka diminta melakukan berbagai posisi duduk atau berdiri. Sementara itu, punggung mereka dipindai dengan MRI.

Dalam penelitian ini, para responden diasumsikan melakukan tiga posisi duduk, yakni membungkuk ke depan ke arah komputer, duduk tegak, dan dalam posisi rileks 135 derajat dengan posisi kaki di lantai.

Setelah membandingkan dan melakukan pengukuran tekanan pada ketiga posisi, para peneliti menyimpulkan posisi rileks 135 derajat paling baik untuk punggung.

Menurut data British Chiropractic Association, 32 persen penduduk menghabiskan lebih dari 10 jam waktunya untuk duduk. Separuh pekerja bahkan tidak meninggalkan mejanya, bahkan saat makan siang. Sepulang bekerja, sepertiga orang juga lebih banyak duduk di rumah, menonton televisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.