Seks Saat Menstruasi

Kompas.com - 07/09/2011, 12:53 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:

Dok, saya ingin bertanya apakah berbahaya melakukan hubungan saat saya masih mengeluarkan flek setelah menstruasi? Dan setiap melakukan hubungan saya selalu mengalami bleeding walaupun belum terjadi penetrasi dan Mr. P masih berada diujung mulut V, apa ada yang tidak beres dengan vagina saya?  

Ari (35), Tangerang

 

 

JAWAB:

Hubungan seksual ketika masih ada darah menstruasi sebenarnya tidak menimbulkan akibat apapun. Artinya tidak berbahaya apapun. Hubungan seksual terjadi di dalam vagina, sementara perdarahan terjadi di dalam rahim.

Informasi yang menyatakan bahwa hubungan seksual pada saat menstruasi dapat menimbulkan emboli, tidak pernah terbukti. Jadi ini tergolong informasi yang meyesatkan. Demikian juga informasi yang menyebutkan hubungan seksual saat menstruasi dapat menularkan penyakit.

Penularan penyakit hanya mungkin terhadi kalau salah satu pihak mengidap salah satu infeksi menular seksual. Penularan ini pun dapat terjadi dalam keadaan tidak menstruasi.

Tetapi kalau Anda selalu mengalami perdarahan setiap akan melakukan hubungan seksual, tentu ini tidak wajar. Apalagi kalau sebelum penetrasi sudah terjadi perdarahan. Saya sarankan Anda segera berkonsultasi lebih jauh untuk mendapat pemeriksaan yang benar.

 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X