Kiat Pintar Belanja Pangan Organik

Kompas.com - 03/10/2011, 10:48 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Sayur, buah, juga daging ayam dan telur organik, lebih sehat karena seluruh prosesnya tanpa bahan-bahan kimia, terutama pestisida. Masalahnya, harga sayur, buah, serta daging dan telur organik lebih mahal dibandingkan dengan jenis yang biasa. Untuk menyiasatinya, Nici Andronicus, pemilik Organicus Kitchen & Pantry di Australia, memberikan kiat-kiat berikut ini:

1. Coba sedikit. Untuk awal, beli pengan organik sedikit saja. Bila suka, Anda bisa membelinya dalam porsi lebih banyak saat belanja lagi.

2. Pilih yang lokal. Biasanya pangan organik impor harganya lebih mahal. Sudah banyak pertanian di beberapa daerah, misalnya Puncak, yang memasok sayur dan buah organik.

3. Beli tergantung musim. Meski pasokannya ada terus sepanjang tahun, saat sedang musim, harga buah tertentu biasanya lebih murah. Anda bisa mendapat keuntungan lebih dari sini.

4. Pertimbangkan nilai gizinya. Pilih pangan yang mengandung nilai gizi tinggi. Daripada daging misalnya, pilih lentil atau kacang panjang organik yang juga bisa menjadi sumber protein, selain lebih ekonomis.

5. Jangan lupa bawa catatan. Buat daftar kebutuhan yang harus dibeli, sehingga Anda tidak tergoda untuk membeli jenis yang tidak Anda butuhkan. (GHS/est)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.