Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit Hamil karena Suami Kegemukan?

Kompas.com - 09/11/2011, 10:38 WIB

TANYA :

Dok, saya sudah menikah selama empat bulan, tetapi kok saya gak hamil-hamil juga ya? Padahal, jadwal haid saya bisa dibilang teratur. Saya memang belum melakukan pemeriksaan ke dokter. Suami saya berusia 27 tahun, dia memiliki postur tubuh yang tinggi besar dengan berat mencapai 104 kilogram dan tinggi 175 centimeter.

Yang menjadi pertanyaan, apakah berat badan suami saya akan mempengaruhi kualitas & kuantitas sperma dalam membuahi sel telur? Satu hal lagi, jumlah sperma yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Apakah itu juga mempengaruhi terhadap peluang terjadinya kehamilan. Terima kasih dan mohon jawabannya.

(Anggi, 28, Tangerang)

 

JAWAB :

Untuk terjadinya kehamilan, diperlukan keadaan kesuburan yang baik pada suami dan istri. Selain itu, hubungan seksual harus dilakukan pada saat subur istri. Karena itu hubungan seksual harus teratur agar pada suatu saat hubungan seksual berlangsung pada saat subur istri.

Kalau hubungan seksual tidak teratur, maka hubungan seksual harus diatur agar dilakukan pada saat istri mengalami saat subur. Untuk mengetahui apakah keadaan kesuburan baik atau tidak, harus dilakukan pemeriksaan khusus, baik pada suami maupun istri. Masalah kegemukan yang dialami suami memang dapat menjadi penyebab gangguan kesuburan.

Berbagai gangguan atau penyakit dapat mengakibatkan kegemukan, antara lain kekurangan hormon testosteron. Padahal hormon testosteron antara lain diperlukan untuk produksi sperma. Mengenai jumlah sperma yang Anda katakan tidak terlalu banyak, mungkin saja benar, tetapi mungkin juga tidak benar.

Untuk memastikan tentu diperlukan pemeriksaan, termasuk pemeriksaan sperma. Analisis sperma, tidak hanya untuk volumenya, melainkan juga meliputi warna, bau, jumlah selnya, gerakan, dan bentuknya. Saya sarankan suami dan Anda juga mendapat pemeriksaan untuk mengevaluasi kesuburan. Dengan demikian, kalau ada gangguan, dapat segera diatasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com