Ingin Berkemih Terus Menerus, Normalkah?

Kompas.com - 08/05/2012, 07:23 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Apakah saat tidur Anda merasa selalu ingin berkemih atau buang air kecil berulang-ulang? Jika ya, mungkin Anda sedang mengalami sebuah gangguan atau kondisi yang biasa disebut nokturia. Sering muncul pertanyaan, apakah kondisi ini normal?  

Jawabannya ya. Tapi untuk menemukan solusi dalam mengatasi masalah ini, Anda perlu mulai untuk mengidentifikasi dan mencari tahu hal mendasar apa saja yang dapat memicu kondisi tersebut.

Pertama, penting untuk dipahami bahwa seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh manusia untuk menahan cairan untuk waktu yang lama akan semakin menurun, akibat penurunan hormon antidiuretik. Jadi meskipun Anda minum dalam jumlah yang sama, Anda akan cenderung untuk pergi ke kamar mandi lebih sering. Inilah sebabnya mengapa banyak orang tua lebih sering terbangun ditengah malam untuk ke kamar mandi.

Menurut National Sleep Foundation, sekitar 65 persen orang dewasa yang lebih tua memiliki waktu tidur lebih sedikit akibat sering terbangun untuk buang air kecil ke kamar mandi.

Berikut ini strategi yang dapat membantu mengurangi tekanan pada kandung kemih dan mencegah gangguan gejala pencernaan lainnya :

* Jangan minum cairan selama tiga jam sebelum tidur

* Kurangi konsumsi kopi dan teh, yang berpotensi mengiritasi kandung kemih

* Jangan makan makanan dengan kadar cairan tinggi, seperti sup atau buah, untuk makan malam atau setelah makan malam.

* Jangan makan selama tiga jam sebelum tidur jika Anda rentan untuk menderita sakit maag atau refluks lambung.

Pemberian resep obat antidiuretik dapat Anda konsumsi untuk mengurangi intensitas buang air kecil di malam hari jika ini menjadi satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Pertanda penyakit lain

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.