Kompas.com - 16/07/2012, 16:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

Kompas.com - Sudah banyak penelitian yang menunjukkan dampak negatif kebiasaan menonton televisi pada anak-anak. Yang terbaru menyebutkan, durasi menonton televisi berkorelasi dengan lebar lingkar pinggang anak.

Anak-anak seharusnya dibatasi waktu menonton televisinya tak lebih dari dua jam setiap hari. Anak berusia 3-4 tahun yang menonton TV sampai 18 jam dalam seminggu lebih beresiko memiliki ukuran lingkar pinggang lebih lebar di usia 10 tahun.

Studi yang dilakukan di Kanada itu dilakukan dengan cara mengikuti kebiasaan menonton TV 1.314 anak.  Makin banyak waktu yang dihabiskan anak di depan TV, makin bertambah berat badannya. Selain itu kemampuan atletik dan kekuatan ototnya.

Selain mengukur lingkar pinggang, dalam penelitian ini juga diukur kekuatan otot anak dalam melompat.

"Menonton TV terlalu sering bukan hanya menggeser kesempatan anak untuk bergerak bebas, tapi juga membuat anak mendapat informasi yang keliru tentang pola makan yang sehat," kata Dr. Linda Pagani, yang melakukan penelitian ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.